Home / BERITA TERBARU / Daftar Mantan Jenderal TNI di Pemerintahan Jokowi

Daftar Mantan Jenderal TNI di Pemerintahan Jokowi

Presiden Jokowi didampingi Menko Polhukam, Panglima TNI, dan Kapolri, berfoto bersama peserta Rapim TNI-Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/1). (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengangkat sejumlah mantan Jenderal TNI sebagai pejabat dalam pemerintahannya dan menempati sejumlah posisi penting.

Ada yang namanya masuk dalam kabinet, namun ada juga yang menjabat sebagai dewan pertimbangan presiden. Dilansir dari laman Merdeka.com, berikut nama-nama mantan Jenderal TNI yang masuk dalam pemerintahan Presiden Jokowi.

1. Moeldoko

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko adalah tokoh militer Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sejak 17 Januari 2018.

Dia pernah menjabat sebagai Panglima TNI sejak 30 Agustus 2013 hingga 8 Juli 2015. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 20 Mei 2013 hingga 30 Agustus 2013.

2. Luhut Binsar Panjaitan

Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan adalah lulusan terbaik dari Akademi Militer Nasional angkatan tahun 1970. Pada Tahun 1967, Luhut masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) bagian Darat.

Tiga tahun kemudian, Luhut meraih predikat sebagai Lulusan Terbaik pada tahun 1970, sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa. Dia pernah pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan sejak 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015.

Pada 12 Agustus 2015, Luhut ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno.

Dalam reshuffle Kabinet Kerja Jilid II pada tanggal 27 Juli 2016, Luhut diangkat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli.

3. Wiranto

Saat ini, Jenderal TNI (Purn) Wiranto menduduki posisi sebagai Menteri Koodinator Bidang Politik Hukum dan HAM. Wiranto pernah menjabat Panglima TNI periode 1998-1999.

Wiranto pernah menjadi ajudan Presiden Soeharto tahun 1987-1991. Setelah ajudan presiden, karier militer Wiranto semakin menanjak ketika ditunjuk sebagai Kepala Staf Kodam Jaya, Pangdam Jaya, Pangkostrad dan Kasad.

4. Agum Gumelar

Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar merupakan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, sejak tahun 2018 hingga sekarang. Alumni Akademi Militer Nasional tahun 1965 ini juga Ketua PEPABRI (Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia).

Agum Gumelar pernah menduduki sejumlah posisi penting di Indonesia pada era Gus Dur dan Megawati, seperti Menteri Perhubungan, Menteri Pertahanan serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan.

5. Ryamizard Ryacudu

Ryamizard Ryacudu juga mantan jenderal TNI di pemerintahan Jokowi. Saat ini dia dipercaya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Mantan perwira tinggi militer TNI AD ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dari tahun 2002 hingga 2005.

6. Subagyo Hadisiswoyo

Mungkin namanya jarang terdengar di publik. Subagyo Hadisiswoyo adalah salah satu mantan jenderal TNI yang kini berada di pemerintahan Jokowi.

Subagyo merupakan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Dia sempat menjadi Penasehat Presiden Bidang Militer Tahun 1999-2001. Selain itu, dia juga pernah menjadi Kepala Staff Angkatan Darat Tahun 1998-1999.

Baca Juga: Momen Jokowi Sentil Para Pengkritik

Pelukan Jokowi dan Prabowo Sarat Makna

Gara-gara Pilpres, Dua Warga Aceh Dibui