Home / BERITA TERBARU / 600 Juta Password Facebook Bobol

600 Juta Password Facebook Bobol

 

Ilustrasi facebook.

KLIKKABAR.COM, AMERIKA – Password milik jutaan pengguna Facebook dilaporkan bisa dilihat oleh 20.000 pegawai media sosial. Dikutip dari laman BBC, Kamis (21/3/2019) disebutkan, pakar keamanan siber, Brian Krebs adalah orang pertama yang mengetahui kecerobohan Facebook.

Dia mengatakan lebih dari 600 juta password milik pengguna Facebook disimpan di dalam bentuk teks biasa.

Krebs menjelaskan bahwa seorang sumber internal Facebook telah menginformasikan padanya soal kecerobohan tersebut, bahwa para teknisi Facebook telah menciptakan aplikasi-aplikasi yang bisa menyimpan password dalam bentuk teks biasa, tanpa dilindungi oleh enkripsi.

Teknisi Facebook, Scott Renfro, mengatakan berdasarkan investigasi internal diketahui bahwa tidak ada tanda-tanda jutaan password itu disalahgunakan.

Facebook mengaku telah mengetahui masalah tersebut pada Januari 2019. Sebagian besar password yang bobol adalah milik pengguna Facebook Lite, aplikasi Facebook yang lazim digunaka oleh mereka dari negara dengan koneksi internet terbatas seperti di Indonesia.

“Kami akan memberitahu ratusan juta pengguna Facebook Lite, puluhan juta pengguna Facebook biasa, dan puluhan ribu pengguna Instagram,” jelas Reuters.

Facebook mengatakan akan mendesak pengguna mengganti password jika pihaknya menemukan adanya penyalahgunaan terhadap password-password tersebut.

Pada awal 2018 juga terungkap bahwa data milik jutaan pengguna Facebook telah dimanfaatkan oleh perusahaan bernama Cambridge Analytica untuk membantu kampanye Donald Trump dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat pada 2016.