Home / ACEH / Tgk Damanhuri Pimpin Ulama Kota Banda Aceh

Tgk Damanhuri Pimpin Ulama Kota Banda Aceh

Istimewa

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Tgk Damanhuri Basyir M Ag terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh masa khitmad 2019-2024.

Pengukuhan Tgk Damanhuri sebagai Ketua, Tgk H Tu Bulqaini sebagai Wakil Ketua I, Tgk Syibral Malasyi sebagai Wakil Ketua II serta 15 anggota MPU kota dilakukan Minggu (17/3/2019) malam di Aula Lantai IV Gedung Mawary Nurdin, Balai Kota Banda Aceh.

Kepengurusan MPU Kota Banda Aceh masa khitmad 2019-2024 ini dikukuhkan oleh Ketua MPU terpilih dengan membaca naskah sumpah yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Ketua MPU Provinsi Aceh, Tgk Muslim Ibrahim dan Ketua Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh, Jasri.

Turut hadir pada acara pengukuhan ini, Imam Besar Masjid Raya Banda Aceh, Tgk Azman Ismail, Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, Kajari Banda Aceh, Erwin Desman, Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh, Suwono, Sekdakota Banda Aceh, Bahagia, para Asisten dilingkungan Setdakota, para Kepala SKPK jajaran Pemko, para Camat, para Imum Mukim dan sejumlah tokoh masyarakat kota.

Pengukuhan ini dilakukan dalam sidang paripurna istimewa yang dipimpin Plt Ketua MPU Kota Banda Aceh, Tgk Faisal Ali. Saat membuka sidang paripurna ini, Lem Faisal didampingi Kepala Dinas Syariat Islam, Alizar dan Kankemenag Kota, Asy’ari. Alizar dan Asy’ari merupakan anggota Steering Committee (SC) yang bertugas menyelenggarakan Musyawarah Ulama kota beberapa waktu yang lalu.

Kata Lem Faisal Ali, 18 anggota MPU Kota Banda Aceh terpilih dari hasil musyawarah yang digelar pada hari Rabu tanggal 6 Maret lalu di Gedung ITLC Banda Aceh.

“Yang dikukuhkan ini merupakan hasil dari musyawarah beberapa waktu lalu. Terpilih anggota 18 orang, 9 orang dari utusan ulama Kecamatan dan 9 orang lagi ulama dan cendikiawan utusan Pemko Banda Aceh,” ungkap Lem Faisal Ali saat memimpin sidang.

Lem Faisal, yang ditunjuk oleh Ketua MPU Provinsi Aceh menggelar musyawarah ulama kota mengucapkan apresiasi kepada Wali Kota dan Forkopimda Banda Aceh atas kerjasama dan dukungan penuh sehingga sukses menggelar musyawarah untuk melahirkan kepengurusan baru MPU Kota Banda Aceh menyusul terjadinya kevakuman lembaga tersebut dalam setahun terakhir.

“Dengan dukungan penuh Wali Kota, Pemko dan Forkopimda, Alhamdulillah kita telah bekerja maksimal menyukseskan musyawarah. Hasilnya kita telah mendapatkan 18 anggota MPU yang akan bertugas menjalankan program kerja MPU Kota masa khidmat 2019-2024,” kata Lem Faisal. []