Home / BERITA TERBARU / Cegah Pacaran, China Larang Pelajar Duduk di Kantin

Cegah Pacaran, China Larang Pelajar Duduk di Kantin

Ilustrasi pelajar di China. (Foto: IST)

KLIKKABAR.COM, CHINA – Salah satu sekolah tingkat menengah di Henan, China, melarang siswa dan siswinya duduk bersama di kantin saat jam istirahat. Anggota staf dari biro pendidikan Henan mengkonfirmasi bahwa peraturan ini dibuat untuk mencegah murid berpacaran.

Dilansir South China Morning Post, aturan diberlakukan dengan sistem poin. Salah seorang siswi yang tak ingin identitasnya diungkap mengaku akan dikeluarkan dari sekolah jika kehilangan 25 poin.

“Jika siswa memiliki kontak fisik, baik lawan jenis maupun sesama jenis, mereka dianggap memiliki hubungan asmara,” kata siswi itu dikutip dari Kumparan, Jumat (15/3/2019).

Sekolah Suiping adalah salah satu dari banyak sekolah yang telah memperkenalkan langkah-langkah tersebut selama beberapa tahun terakhir. Merujuk laporan BBC, aturan ini sudah jamak ditemui sejak 2013, seperti di Hangzhou, Ruyang, dan Zhejiang.

Siswa dan siswi harus menjaga jarak minimum setengah meter antara satu sama lain. Di Zhejiang, sebuah sekolah juga melarang muridnya berinteraksi secara intens dengan sesama jenis maupun lawan jenis. Pihak sekolah menganggap jatuh cinta di lingkungan sekolah akan memengaruhi kualitas belajar.