Home / BERITA TERBARU / Survei: Generasi Milenial Pilih Jokowi

Survei: Generasi Milenial Pilih Jokowi

 

Presiden Joko Widodo. (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Lembaga Celebes Research Center (CRC) merilis elektabilitas Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin lebih unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Elektabilitas calon presiden dengan pertanyaan spontan kalau pemilihan berlangsung hari ini, kalau Pak Jokowi-Ma’ruf 56,1 persen, Pak Prabowo-Sandi 31,7 persen, tidak tahu atau tidak menjawab 12,2 persen,” jelas Direktur Eksekutif CRC Herman Heizer di Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Survei dilakukan pada Oktober 2018-Januari 2019 di 34 provinsi. Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan 1.200 responden.

Disebutkan generasi milenial lebih condong memilih Jokowi daripada Prabowo. Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di kalangan milenial mencapai 51,9 persen, sementara Prabowo-Sandi hanya 37,1 persen.

Jika diukur dari tingkat pendidikan, pemilih Prabowo berpendidikan di Perguruan tinggi atau berasal dari kalangan mahasiswa mencapai 44,0 persen. Sedangkan Jokowi meraup 41,8 persen.

Dia memaparkan elektabilitas keduanya di  beberapa pulau. Untuk Provinsi Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan Kalimantan, Jokowi  unggul.

“Khusus di Sumatera, Prabowo-Sandi mengalami kenaikan 0,5 persen. Di Pulau Jawa Jokowi-Ma’ruf naik sementara Prabowo-Sandi turun pada Januari 2019,”  jelasnya.

Adapun di Pulau Maluku, kata Herman, meski elektabilitas Prabowo-Sandi naik, tetapi peningkatan itu belum mampu menggeser elektabilitas Jokowi-Ma’ruf yang mencapai 60 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya mencapai 40,0 persen.

“Prabowo-Sandi cenderung naik tapi tidak signifikan,” tutupnya.