Home / ACEH / Wali Kota Ditetapkan sebagai Ketua Seleksi Pelatih Persiraja

Wali Kota Ditetapkan sebagai Ketua Seleksi Pelatih Persiraja

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat mendukung Persiraja di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, 2018 lalu. (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Manajemen Persiraja menetapkan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman sebagai ketua tim seleksi pelatih bersama lima anggotanya.

Aminullah Usman yang juga mantan manajer Persiraja nantinya akan mempelajari bagaimana program kerja pelatih, yang tentunya sesuai dengan kebutuhan tim.

Penetapan tersebut berlangsung dalam pertemuan terbatas di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Selasa (5/2/2019) malam. Rapat tersebut dihadiri oleh tokoh sepakbola Aceh, hingga para legenda Persiraja.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam. Hasil rapat memutuskan bahwa klub berjulukan Laskar Rencong ini akan menghadapi kompetisi musim 2019.

Adapun tahapan-tahapan persiapan tim akan diawali dengan menyeleksi pelatih terlebih dahulu. Saat ini persyaratan bagi pelatih yang akan menangani tim Liga 2 adalah minimal berlisensi B AFC.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam siaran pers kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (6/2/2019) malam menjelaskan, dalam seleksi nanti, pihaknya akan melakukan penilaian ketat kepada calon pelatih.

“Misalnya, pelatih yang tidak bisa dibeli (oleh lawan). Dan mengetahui karakter pemain,” kata Aminullah Usman.

Baca Juga: Persiraja Gagal Lolos, Apa Kata Aminullah?

Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam menambahkan, pendaftaran pelatih tim berjulukan Laskar Rencong ini terbuka kepada siapapun yang punya keinginan untuk memajukan sepak bola Aceh.

Adapun lamaran berupa lisensi dan pengalaman melatih, bisa dikirimkan ke email Persiraja; persirajabandaaceh2017@gmail.com.

“Sekarang sudah ada kepastian, Liga 2 dimulai Juni. Kita akan seleksi pelatih secara resmi. Mulai hari ini kita buka, hingga 20 Februari 2019. Karena sebelumnya juga sudah banyak yang melamar via saya. Jadi ini sudah kita bentuk bagaimana mekanismenya,” kata Dek Gam.

Setelah pendaftaran pelatih ditutup pada 20 Februari nanti, selanjutnya akan dipertimbangkan siapa yang layak untuk melatih Persiraja musim ini dan akan diperkenalkan ke publik pada 3 Maret 2019. Beberapa pelatih asing, nasional dan lokal juga sebelumnya dikabarkan sudah mendaftar.

Bukan hanya soal pelatih, Persiraja juga sudah memikirkan soal pemain yang akan memperkuat tim di kompetisi 2019. Sebelumnya Persiraja tidak bergerak karena kongres belum digelar, dan kini baru ada titik terang kapan kompetisi akan dimulai.

Manajemen Persiraja dalam rapat dengar pendapat tersebut menunjuk pelatih Akhyar Ilyas bersama Effendi HT (mantan asisten pelatih Aceh United) dan Azhari (mantan pelatih Kuala Nanggroe FC), untuk menggelar Persiraja tur Aceh 2019, sekaligus mencari pemain-pemain terbaik lokal Aceh untuk mengisi skuat Persiraja.

“Semua pemain lama (musim 2018) akan kita panggil dan berkumpul di Banda Aceh pada 25 Februari 2019, untuk seleksi kembali dan persiapan tur Aceh,” ujarnya. []

Baca Juga: Laga Terakhir Tentukan Nasib Persiraja