Home / BERITA TERBARU / Pusing Hadapi Wartawan Bodrex, Baca Buku ini!

Pusing Hadapi Wartawan Bodrex, Baca Buku ini!

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pusing hadapi wartawan bodrex atau wartawan abal-abal? Baca buku yang ditulis oleh Dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Masriadi Sambo. Ia menerbitkan buku Media Relations Kontemporer, Teori dan Praktik.

Buku setebal 252 halaman itu berisi teori dan praktik para pekerja di bidang hubungan masyarakat dengan media massa di era digital.

Masriadi menuturkan buku itu juga mengupas cara berhadapan dengan media massa lewat jalur Dewan Pers. Menurutnya, sengketa hubungan media sebaiknya menggunakan UU Pers, bukan KUHPidana yang kerap terjadi di Indonesia.

“Bahwa ada pemberitaan tidak memuaskan, itu saluran komplainnya dijamin undang-undang. Public relations yang baik sejatinya patuh regulasi dan menggunakan UU Pers sebagai langkah untuk komplain,” jelasnya, Senin (4/2/2019).

Masriadi menyatakan banyak pekerja hubungan media yang telat mengirimkan siaran pers, tidak menyesuaikan perkembangan zaman bahwa digitalisasi telah terjadi. Menurutnya, media siber bisa menyiarkan detik itu juga saat peristiwa itu terjadi

“Dalam praktiknya, pekerja divisi hubungan masyarakat baik di kantor pemerintah dan swasta tidak memiliki kompetensi yang memadai mengahadapi perubahan praktik hubungan media di era digital yang begitu cepat,” jelas Masriadi, yang juga wartawan online salah satu media nasional ini. []