Home / BERITA TERBARU / Nikmatnya Ngopi dan Makan di Malaysia tanpa Asap Rokok

Nikmatnya Ngopi dan Makan di Malaysia tanpa Asap Rokok

Ilustrasi | Foto: Komunitaskretek

KLIKKABAR.COM, MALAYSIA – Merokok merupakan sebuah perilaku yang tidak sehat. Selain berbahaya bagi diri sendiri terlebih lagi pada orang yang berada di sekitar perokok.

Meski sudah banyak diketahui bahaya dan menimbulkan banyak penyakit, tetapi masih banyak orang yang tetap merokok. Tidak hanya penyakit, dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh rokok juga sangat merugikan bagi dirinya sendiri.

Di Malaysia, mulai tahun 2019 masyarakat tak boleh sembarangan lagi menghisap rokok, setelah keluarnya peraturan dari pemerintah setempat mengenai larangan merokok di semua tempat makan di negeri itu.

Wartawan Klikkabar.com, Muhammad Fadhil dari Ipoh, Malaysia, Selasa (22/1/2019) melaporkan, larangan merokok di negeri Jiran sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2019.

Meski belum genap satu bulan, larangan itu ternyata diindahkan oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Ini terwujud karena adanya komitmen dari berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal di sana. Hal ini diketahui berdasarkan pengakuan warga setempat.

Suasana dalam Keretapi Tanah Melayu (KTM) Malaysia yang bebas asap rokok.  Foto direkam Senin (21/1/2019). (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

Kegiatan yang bertajuk Familiarzation Programme with Firefly ini difasilitasi oleh Tourism Malaysia Medan dan disponsori oleh Firefly, berlangsung mulai 21-24 Januari 2019.

Selama di sana, Klikkabar.com dan rombongan difasilitasi untuk menjajal sejumlah objek wisata di negeri Jiran itu.

Berdasarkan amatan di beberapa lokasi restoran di kawasan Pulau Pinang, Ipoh dan beberapa tempat lainnya, memang benar kawasan tersebut bebas asap rokok.

Selain larangan merokok di restoran, kedai kopi dan rumah makan, sejumlah hotel di Malaysia juga sudah menjalankan larangan dari pemerintah tersebut.

Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Kota Pinang, Malaysia yang bebas asap rokok. Foto direkam Senin (21/1/2019). (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

Salah satunya yaitu Hotel Casuarina Meru, Ipoh. Di hotel ini, bagi yang merokok akan didenda sebesar 300.00 RM. Itu sebabnya, hotel megah yang berdiri di Jalan Meru Casuarina, Bandar Meru Raya ini bebas dari asap rokok.

Begitu juga untuk angkutan umum, seperti minibus dan kereta api, pimpinan perusahaan berkomitmen menjalankan aturan pemerintah dengan melarang merokok di dalam angkutan. []