Home / ACEH / BLUD Pidie Diresmikan

BLUD Pidie Diresmikan

Foto: Dok Pemkab Pidie

KLIKKABAR COM, PIDIE- Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah, dijelaskan bahwa Badan Layanan Umum Daerah bertujuan untuk memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat sejalan dengan Praktek Bisnis Yang Sehat.

Hal itu untuk membantu pencapaian tujuan Pemerintah Daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh Kepala Daerah.

Lahirnya peraturan ini dalam rangka untuk lebih meningkatkan pelayanan publik yang diberikan oleh penyelenggara Negara kepada masyarakat.

Pemerintah telah membuka peluang baru bagi institusi pelayanan publik seperti Rumah Sakit Umum Daerah untuk dikelola secara lebih professional dalam rangka meningkatkan kinerja atau mutu layanan kepada masyarakat.

Oleh sebab itu, Bupati Pidie Roni Ahmad secara resmi melakukan peresmian terhadap Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Tgk Abdullah Syafii Beureunuen, Senin, 21 Januari 2019.

Bupati Pidie Roni Ahmad atau kerap disapa Abusyik mengatakan, penyediaan sarana dan prasarana kesehatan merupakan salah satu wujud komitmen dan upaya pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan, sebagai layanan dasar bagi masyarakat, demikian penjelasan orang nomor satu di Pidie saat berlangsungnya acara peresmian BLUD Rumah Sakit Umum Tgk Abdullah Syafi’ie.

Adapun lahirnya peraturan ini dalam rangka untuk lebih meningkatkan pelayanan publik yang diberikan oleh penyelenggara Negara kepada masyarakat. Pemerintah telah membuka peluang baru bagi institusi pelayanan publik seperti Rumah Sakit Umum Daerah untuk dikelola secara lebih professional dalam rangka meningkatkan kinerja atau mutu layanan kepada masyarakat.

Bersamaan dengan itu, juga untuk meningkatkan profesionalisme rumah sakit dan tenaga kesehatan dalam rangka menciptakan pelayanan kesehatan yang prima, dilandasi oleh nilai-nilai intelektual, etika dan moral serta tanggungjawab terhadap profesi yang diemban.

“Berbicara mengenai peningkatan kualitas hidup masyarakat, salah satu misi Pemerintah Kabupaten Pidie Tahun 2017-2022 adalah meningkatkan kualitas hidup, derajat kesehatan dan kesejahteraan yang merata dan berkeadilan,” paparnya.