Home / BERITA TERBARU / HP Tercebur Air, Ini Langkah Penyelamatan

HP Tercebur Air, Ini Langkah Penyelamatan

 

Ilustrasi hp.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Jika  HP basah atau tertumpah air, bagaimana cara menyelamatkan gawai?

  1. Pengering

Keringkan gawai dengan hairdryer. Alat ini menghisap air di dalam ponsel. Masalahnya, hairdryer bisa juga memaksa air masuk ke ponsel. Memakai pengisap debu lebih terasa logis karena bisa menyerap air dari dalam mesin.

  1. Keringkan dalam Beras

Ini metode mengeringkan ponsel basah paling umum. Menaruh ponsel basah dalam sekantung beras akan menyerap cairan dari ponsel dan menyalakannya kembali. Tapi metode ini tak selalu menyelesaikan masalah karena tergantung dari berapa lama ponsel Anda terkena basah. Makin lama ponsel ada dalam air, makin sulit jadi oke.

  1. Matikan Ponsel dan Cabut Baterai

Cara ini sangat logis  karena bisa menghindari ponsel makin rusak sebab hubungan arus pendek dalam ponsel yang membuatnya makin rusak. Baterai aman dari air karena ada lapisan penghalang. Selain itu dicabutnya baterai akan membuka bagian konektor baterai yang bisa rusak karena air.

  1. Rendam dengan Alkohol

Rendam hp ke alkohol. Alkohol akan menggantikan air yang tersisa di perangkat. Goncang wadah sedikit agar alkohol menyerap masuk. Angkat perangkat dan keringkan sekitar satu atau dua jam. tunggu sampai benar-benar kering.

  1. Keringkan dengan hair dryer

Hair dryer memberikan uap panas yang segera mengeringkan air dalam gawai. Proses pengeringan menggunakan hair dryer harus hati-hati. Jangan terlalu lama menghadapkan uap pada satu sisi, karena akan melelehkan perangkat dalam ponsel.