Home / ACEH / Dayah Daruzzahidin Buka Pendaftaran Dua Tahap

Dayah Daruzzahidin Buka Pendaftaran Dua Tahap

Ilustrasi | Berita Santri

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Dayah Terpadu Daruzzahidin Desa Lamceu, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar kembali membuka pendaftaran santri baru untuk tahun ajaran 2019-2020.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Pimpinan Dayah Daruzzahidin Tgk. Safrizal, SE dalam siaran pers diterima Klikkabar.com, Sabtu (12/1/2019).

“Pada tahun ajaran baru ini, Insya Allah kita buka dua tahap pendaftaran sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, yang membedakan hanyalah jadwal penerimaannya dilakukan lebih cepat yaitu pada tanggal 7 Januari tahun ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pada tahun 2019 dayah yang menerapkan sistem terpadu ini akan membuka pendaftaran dua tahap. Tahap pertama dibuka lebih cepat dibandingkan tahun lalu.

Cara ini dilakukan karena pengalaman tahun sebelumnya di mana banyak para calon santri yang ingin mendaftarkan diri sebelum pendaftaran dibuka.

Dayah Daruzzahidin menjalankan sistem dayah terpadu di mana santri akan dibekali dengan pendidikan agama dan umum. Para santri yang mondok akan belajar pelajaran umum di sekolah pada pagi hingga siang hari, dan pada malam harinya mereka akan mengikuti proses belajar kitab kuning layaknya dayah salafi pada umumnya.

Kata Tgk Safrizal, tahun ajaran ini, Dayah Daruzzahidin hanya menerima 200 santri saja, hal ini mengingat kapasitas asrama hanya sanggup menampung untuk 200 santri baru.

Jumlah calon santri tersebut sudah termasuk santri yatim dan yatim piatu yang uang makannya ditanggung yayasan 50% dari jumlah yang seharusnya dibayar.

“Tahun ini kita terima cukup 200 calon santri saja, karena kapasitas asrama kita belum cukup untuk menampung lebih dari itu. Untuk santri yatim dan yatim piatu juga udah dalam jumlah tersebut, karena kita tidak menentukan kuota khusus untuk santri yatim dan piatu. Siapa saja yang ikut daftar kemudian lulus seleksi, ya kita terima saja,” sambungnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan santri baru Dayah Daruzzahidin dapat dilihat di brosur atau di fanspage facebook dan media sosial lainnya dengan nama “Dayah Daruzzahidin.

Untuk diketahui bahwa Dayah Daruzzahidin akan menerapkan pendaftaran secara online pada tahap ke II. Untuk informasi mekanisme dan alur pendaftaran silahkan mengunjungi website resmi Dayah Daruzzahidin pada link: www.daruzzahidin.org. []