Home / LIFESTYLE / Skill Kerja yang Dibutuhkan di 2019

Skill Kerja yang Dibutuhkan di 2019

KLIKKABAR.COM, JAKARTA –  biro statistik tenaga kerja AS (Bureau of Labor Statistics) menyebutkan  pasar tenaga kerja menghadapi ketidakseimbangan. Tenaga kerja yang tidak tersedia banyak yang tidak terserap industri karena perbedaan keterampilan antara yang tersedia dengan yang dibutuhkan.

Di Amerika, perusahaan seperti Google, Apple, IBM atau Bank of America misalnya, menyerap sedikit kerja fresh graduate. Alasannya, mereka membutuhkan tenaga-tenaga yang berpengalaman.

“Karena itu, memiliki kemampuan adalah hal penting. Di samping itu, kamu juga harus memiliki nilai-nilai penting,” kata Vice President Facebook Janelle Gale dikutip CNBC disalin dari smartmonye, Kamis (10/1/2019).

Laman Linkedin melakukan analisa mengenai ribuan pekerjaan yang diposting di sepanjang awal 2019 ini. Menurut mereka, bisnis membutuhkan gabungan antara keterampilan kerja baik hard skill maupun soft skill dengan nilai (value).

Berikut lima keterampilan paling penting yang dicari perusahaan menurut Linkedin Learning Course dikutip CNBC:

  1. Mengatur Waktu (Time Management)
  2. Kemampuan Adaptasi
  3. Kolaborasi
  4. Persuasi
  5. Kreativitas

Berikut lima keterampilan kerja yang paling banyak dicari perusahaan selama 2019:

1.UX Design

2.Kemampuan yang harus dikuasai seperti UX Foundations dan UX Design

3.People Management

Kamu bisa mempelajari ilmu mengenai motivasi dan memberdayakan karyawan, mengelola konflik atau memimpin dengan semangat kebersamaan.

4.Kemampuan Berpikir dan Menganalisa dengan Rasional

5.Kemampuan Buatan (AI)

 

 

Kreativitas adalah soft skills yang menduduki urutan pertama sebagai yang paling dicari di dunia kerja selama 2019. Adapun cloud computing adalah kemampuan kerja teknis (hard skills) yang paling dicari di tahun 2019.

“Kemampuan digital seperti cloud computing dan kecerdasan buatan berada di paling atas dalam kemampuan yang paling dicari di dunia kerja. Hal ini membuat pencari kerja, mau tidak mau, setidaknya harus semakin mengerti cara kerjanya,” kata Editor Linkedin Learning Paul Petrone.

Di samping itu, kata Paul, perkembangan yang terjadi pada teknologi dan internet, juga membuat orang semakin mudah terkoneksi. Kemudahan ini juga membuat pekerja semakin dituntut untuk dapat berpikir kreatif dan di luar kotak (out-of-the-box). Mereka juga dituntut untuk cepat beradaptasi dan pandai menentukan prioritas dalam mengatasi masalah.