Home / BERITA TERBARU / Kenali 5 Ciri Pekerja Produktif

Kenali 5 Ciri Pekerja Produktif

Ilustrasi karyawan.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Sebagian orang dituntut untuk produktif dengan mengerjakan berbagai macam aktivitas yang positif, seperti tugas-tugas pekerjaan, olahraga, serta sejumlah kegiatan lainnya. Namun terkadang, ada sejumlah kendala yang membuat diri terlalu malas untuk bergerak.

Ciri orang produktif dapat dilihat dari cara mereka menjalani kehidupan sehari-hari. Seperti dilansir Reader’s Digest, inilah 5 ciri orang produktif  dikutip dari intisari, Minggu (6/1/2019).

1. Fokus pada kebahagiaan

Salah satu kendala terbesar yang dapat menahan orang untuk sukses serta produktif adalah pikiran sendiri. Studi University of Warwick di Inggris menemukan bahwa orang yang bahagia menjadi 12 persen lebih produktif di lingkungan kerja.

Penelitian tersebut tampak masuk akal, mengingat terdapat fakta lain yang menyebutkan bahwa salah satu gejala umum depresi adalah penurunan motivasi. Perlu diketahui bahwa rendahnya taraf motivasi dapat membuat Anda malas bergerak dan urung produktif.

Ada banyak cara untuk menciptakan rasa bahagia, salah satunya dengan menghindari berpikir negatif dan membangun hubungan antarmanusia.

2. Prioritaskan berolahraga

Cukup berolahraga selama 30 menit dalam intensitas sedang hingga tinggi, sebanyak dua sampai tiga kali seminggu, dapat membantu Anda mencapai tujuan pribadi dan profesional. Bahkan, manfaat psikologis dari olahraga dapat langsung terjadi setelah memulai latihan.

Untuk jenis olahraganya, Anda dapat melakukan lari, bersepeda dalam ruangan, yoga, dan menari selama itu membuat tubuh berkeringat. Jalan cepat selama 20 hingga 30 menit pun sudah sangat bermanfaat.

3. Tahu waktu istirahat

Mereka tahu kapan harus berhenti beraktivitas. Relaksasi sangat penting agar Anda bisa terus produktif. Studi menunjukkan bahwa aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi yang dilakukan secara berkepanjangan, dapat menyebabkan Anda kurang produktif seiring berjalannya waktu. Langkah yang tepat adalah beristirahat sejenak.

Menurut para ahli, menyisihkan sedikit waktu untuk melepaskan fokus Anda dapat membantu menyegarkan otak secara signifikan. Sebaliknya, ketika Anda mencoba untuk terus bekerja tanpa henti, justru kualitas pekerjaan tersebut akan cenderung menurun.

4. Mengerjakan hal satu per satu

Anda boleh berbangga hati dengan kemampuan multitasking. Namun, hal tersebut tidak selalu baik. Nyatanya, mengerjakan banyak hal secara bersamaan dapat memecah fokus sehingga pekerjaan Anda jadi tidak maksimal.

Sebagai solusi untuk meningkatkan produktivitas, Anda disarankan untuk fokus pada satu tugas sampai selesai hingga beranjak pada tugas berikutnya.

5. Tidur cukup

Orang produktif selalu menyempatkan diri untuk tidur cukup. Mereka tahu bahwa kurang tidur membuat hasil pekerjaan menjadi berantakan. Menurut banyak studi, kurangnya waktu tidur terkait dengan penurunan tingkat produktivitas dan performa kerja yang buruk.

Agar jam tidur Anda cukup, cobalah untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang justru dapat membuat Anda melek semalaman. Misalnya: minum alkohol menjelang tidur, main gadget, dan sebagainya. Jika tidur Anda cukup, konsentrasi Anda akan lebih baik dan pekerjaan juga akan lebih mudah untuk dilakukan.