Home / BERITA TERBARU / Makan Bersama Bikin Tim Kerja Kompak

Makan Bersama Bikin Tim Kerja Kompak

Ilustrasi makan bersama.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Makan bersama yang dilakukan bersama tim kerja bermanfaat meningkatkan produktivitas kerja. Berdasarkan penelitian di Cornell University, performa dan produktivitas kelompok meningkat saat mereka makan bersama.

Penelitian tersebut dilakukan dengan membandingkan kelompok pemadam kebakaran yang makan bersama-sama dengan pemadam kebakaran yang makan sendiri. Hasilnya, makan bersama dapat meningkatkan performa dan produktivitas kelompok tersebut seperti dilansir dari smartmoney, Sabtu (5/1/2019).

Hasil tersebut didapat setelah penelitian yang dilakukan selama 15 bulan dan wawancara terhadap lebih dari 50 kantor pemadam kebakaran. Kevin Kniffin peneliti menyebutkan bahwa makan bersama dapat menyebabkan kedekatan pada sebuah kelompok.

Makan bersama merupakan salah satu hal yang merekatkan banyak orang secara sosial. Dengan makan bersama, kata Kniffin, sesama karyawan dapat bertukar pendapat serta membicarakan berbagai hal baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tidak.