Home / ACEH / Mahasiswa Ar-Raniry Luncurkan 11 Film Terbaru

Mahasiswa Ar-Raniry Luncurkan 11 Film Terbaru

Istimewa

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sebelas sineas muda dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Falultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, meluncurkan 11 film pendek terbaru, Sabtu (5/1/2018).

Ke-11 film tersebut antara lain, “Hilang Arah” disutradarai Ayu Darani Rizki, “Hutang” disutradarai Zuhra Khairini, “Balada Rokok” disutradarai Tengku Dhehar, “Prasangka” disutradarai Ahmad Sayuti, dan “Bullying” disutradarai Ridha Purnama.

Pemutaran 11 film tersebut digelar di Pemutaran 11 film pendek hasil karya Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa KPI pada bidang perfilman.

Seluruh mahasiswa berkarya di bawah binaan Fauzan Santa, dosen Sinematografi dan Reza Maulana yang juga dosen animasi dan film.

Fauzan Santa dalam siaran pers kepada Klikkabar.com, Sabtu (5/1/2019) malam mengatakan, proses pembuatan film tersebut telah menyelesaikan tahapan yang sangat panjang mulai dari post produksi di mana semua mahasiswa yang mengikuti mata kuliah sinematografi dibagi menjadi 11 kelompok dari empat unit.

“Tahap bedah naskah menjadi proses berikutnya sebelum masuk ke produksi yang memakan waktu tiga pekan,” ujar Fauzan.

Ketua Program Studi KPI Faluktas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Dr. Hendra Syahputra, MM mengatakan mahasiswa KPI dalam memproduksi film perfilman harus mendapat dukungan penuh dari fakultas dan universitas.

Kata dia, sebenarnya mahasiswa KPI memiliki potensi sangat besar untuk menggerakkan anak-anak muda berkesenian film di Aceh.

“Apalagi di tengah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang kian pesat,” ujarnya.

Ia juga mengatakan geliat perfilman di kalangan mahasiswa sebenarnya besar didukung dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi.

Hendra Syahputra berharap acara pemutaran film itu bisa berdampak dan memotivasi generasi KPI ke depannya sehingga perfilman jurusan KPI bisa berkembang, eksis, dan bermanfaaat tidak hanya di kalangan mahasiswa KPI tetapi juga bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry secara umum. []