Home / ACEH / Polda Aceh Cari Pelaku Pengambil Gading Gajah

Polda Aceh Cari Pelaku Pengambil Gading Gajah

Ilustrasi, gajah Sumatera yang mati dibunuh di Aceh Timur, Sabtu (9/6/2018). (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Petugas dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh diturunkan untuk melakukan penyelidikan terhadap kematian seekor gajah Sumatera di pinggir Krueng Peusangan, perbatasan Bener Meriah-Bireuen.

“Kami sedang lidik kasus di Bireuen yang dibackup oleh Krimsus, siapa yang ambil gadingnya sedang dilidik,” kata Kapolda Aceh, Irjen Rio S Djambak kepada wartawan di Mapolda Aceh, Senin (31/12/2018) sore.

Diberitakan sebelumnya, seekor gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumatranus kembali ditemukan mati di Aceh. Kali ini, kematian satwa liar yang dilindungi itu terjadi di pedalaman perbatasan Bireuen – Bener Meriah.

Informasi awal penemuan itu diterima Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo berdasarkan laporan masyarakat ke pihak kepolisian pada Kamis (27/12/2018) malam. Posisi bangkai gajah tepat berada di pinggiran Krueng Peusangan.

“Indikasi kita gading itu diambil saat gajah sudah membusuk dan kemudian dipotong (gadingnya),” ujar Rio.

Selain Ditreskrimsus Polda Aceh, penyelidikan juga dilakukan oleh petugas dari Polres Bireuen. Rio berharap, dalam waktu tak lama pelaku berhasil ditangkap.

“Pelaku mengambil keuntungan dengan perbuatan seperti ini, baik melakukan pembunuhan atau upaya-upaya mengambil gading saat gajah tidak bernyawa lagi, ini suatu pidana,” jelas Rio. []