Home / ACEH / Cawapres Ma’ruf Amini Undangan Tes Baca Al-Quran di Aceh

Cawapres Ma’ruf Amini Undangan Tes Baca Al-Quran di Aceh

Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. (Setkab.co.id)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Tes baca Al-Quran yang digagas oleh Ikatan Dai Aceh untuk capres-cawapres pada 15 Januari 2019, dianggap ide yang tak perlu. Namun, cawapres Ma’ruf Amin menilai tak ada salahnya mengamini undangan tersebut.

“Jadi kalau saya diundang untuk dites, siap sekali,” ucap Ma’ruf Amin di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (30/12).

Meski begitu, Ma’ruf menilai tes Al-Quran untuk capres-cawapres memang tidak diperlukan. Lagi pula tak ada peraturan yang mensyaratkan itu. Namun, sebagai aspirasi, Ma’ruf menyambut baik.

“Kalau ada ide, kita diundang, kita siap. Bukan soal perlu atau tidak perlu. Itu kan keinginan masyarakat sendiri,” ujar Ketum MUI itu, mengutip kumparan.com.

Ma’ruf memastikan akan hadir pada agenda tes kemampuan membaca Al-Quran itu pada 15 Januari di Masjid Raya Baiturrahman.

“Kalau memang itu menjadi bagian dari yang harus kita hadiri, ya kita hadiri,” tegas Ma’ruf.

Materi uji tes yaitu masing-masing calon akan dites membaca Surat Al-Fatihah, dan satu surat lainnya yang diambil secara acak. Kesediaan mengikuti tes uji kemampuan baca Al-Quran paling telat diterima panitia tanggal 08 Januari 2019.

Kemudian sehari setelahnya panitia akan mengumumkan kembali kandidat mana saja yang sudah menyatakan kesediaannya mengikuti tes uji kemampuan baca Al-Quran.

“Tes baca Al-Quran ini juga untuk mengakhiri polemik tentang siapa figur capres dan cawapres yang paling menguasai dan memahami baca tulis Al-Quran. Mengingat akhir-akhir ini kampanye saling menghujat atas kemampuan dasar beragama Islam lebih mengemuka ketimbang menonjolkan kampanye programatik untuk menarik pemilih,” kata Ketua Ikatan Da’I Aceh, Tgk Marsyuddin Ishaq, Sabtu (29/12).