Home / ACEH / Dua Eksekutor Gajah Bunta Lari ke Batam

Dua Eksekutor Gajah Bunta Lari ke Batam

Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, SIK, MH. (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Polisi hingga saat ini terus berusaha memburu keberadaan dua pelaku pembantaian gajah jinak Bunta, yang dibunuh dengan cara diracun di Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro didampingi Wakapolres Kompol Warosidi dan Kasat Intelkam AKP Suryo Sumantri Darmoyo kepada Klikkabar.com mengatakan, dua pelaku berinisial PT dan AR sudah dimasukkan namanya ke dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO.

Baca: Dua Pembunuh Bunta Ditangkap

“Kita sudah umumkan status DPO terhadap kedua pelaku dan kita juga sudah berkoordinasi dengan Polda Kepulauan Riau, karena pelaku diduga saat ini berada di Batam,” kata Wahyu di Mapolres setempat, Sabtu (29/12/2018).

Ia juga berharap, kedua pelaku yang saat ini masih buron agar segera menyerahkan diri ke pihak yang berwajib, untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatannya sebelum kunjung ditangkap.

Baca: Pembantai Gajah Bunta Divonis 8 Tahun

Dua pelaku lain kasus tersebut dikatakan Wahyu telah menjalani persidangan dan keduanya dijatuhi vonis masing-masing 4 tahun penjara. Di persidangan, keduanya terbukti membunuh Bunta dengan cara diracun untuk diambil gadingnya.

Untuk kasus kematian gajah liar akibat terkena kawat listrik di Desa Cek Mbon, Peureulak, tambah Wahyu, pihaknya juga sedang memburu keberadaan pelaku yang juga pemilik kebun. Kejadian itu terjadi pada Kamis (9/8) lalu.

“Pelaku diperkirakan lari ke Palembang dan kita sudah berkoordinasi dengan jajaran Polda Sumatera Selatan terkait kasus ini,” timpal Wahyu.

Baca Juga: PT Bumi Flora dan Kematian Gajah yang Terulang

7 Fakta Bunta, Gajah Jinak yang Mati di Aceh Timur

[Foto] Detik-detik Gajah Sumatera Turun ke Pemukiman Penduduk