Home / BERITA TERBARU / Terlalu Sering Main HP Alami 5 Gangguan Psikologis

Terlalu Sering Main HP Alami 5 Gangguan Psikologis

 

Ilustrasi ponsel besutan Apple, iPhone. (Foto: Getty Images)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA –  Handphone kini seolah tak bisa lepas dari gaya hidup masyarakat. Dulu, fungsi HP berkirim pesan atau menelepon. Sekarang HP memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi semua orang.

Namun hal ini rentan membuat orang terlalu sering main HP. Sehingga berisiko menimbulkan gangguan psikologis dengan tingkat keparahan yang bervariasi.

Berikut gangguan psikologis bagi orang yang sering bermain Hp dikutip dari popular, Jum’at (28/12/2018)

1. Anti Sosial

Gejalanya tampak ketika seseorang lebih senang bermain HP daripada berinteraksi dengan keluarga, sahabat, atau lingkungan sekitar.  Jika dibiarkan berlarut-larut, kemungkinan besar kehidupan sosial orang tersebut terganggu. Hingga akhirnya mengalami gangguan interaksi saat berada di dunia nyata.

2. Nomofobia

Selalu merasakan kecemasan berlebihan ketika tidak membawa HP? Jika iya, berarti Anda mengalami nomofobia. Nomofobia adalah istilah untuk menyebut sindrom ketakutan bila tidak memiliki smartphone.

Penelitian di tahun 2015 yang membuktikan bahwa orang-orang cenderung mudah terganggu ketika beraktivitas dan mendengar dering smartphone. Gangguan tersebut menyebabkan hilangnya konsentrasi dan penurunan produktivitas.

3. Fear of Missing Out (FOMO)

Perasaan takut ketinggalan informasi dari internet atau media sosial secara berlebihan dikenal dengan istilah sindrom FOMO. Pada awalnya, orang-orang yang mengalami sindrom ini akan ketagihan mengecek media sosial, aplikasi chat, dan browser.

Pada tingkat yang lebih parah, penggunaan hp mulai mengganggu aktivitas lainnya. Pekerjaan bisa terbengkalai akibat terlalu sering main hp dan seakan tak ingin ketinggalan informasi terbaru.

4. Low Battery Anxiety

Merasa panik ketika hp lowbat? Jika pernah, kemungkinan besar Anda mengalami gangguan low battery anxiety. Padahal, HP yang lowbat seharusnya tidak mengganggu kenyamanan dan konsentrasi saat beraktivitas.

Cobalah lebih rileks. Tinggalkan pesan di aplikasi chat Anda bahwa hp Anda sedang lowbat dan tidak dapat dihubungi.

5. Phantom Vibration Syndrome

Terlalu sering main hp kemungkinan besar mengalami phantom vibration syndome. Sindrom ini membuat Anda merasakan getaran notifikasi HP yang sebenarnya tidak ada. Semakin tinggi keinginan Anda untuk selalu terhubung dengan HP, maka semakin besar pula kecenderungan mengalami sindrom yang satu ini.