Home / ACEH / Gajah Sumatera Mati Lagi di Aceh, Gadingnya Hilang

Gajah Sumatera Mati Lagi di Aceh, Gadingnya Hilang

Ilustrasi gajah Sumatera yang mati dibunuh di Aceh Timur (9/6/2018). (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BENER MERIAH – Seekor gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumatranus kembali ditemukan mati di Aceh. Kali ini, kematian satwa liar yang dilindungi itu terjadi di pedalaman Kab. Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, S.Hut, M.Si dalam keterangannya kepada Klikkabar.com mengatakan, saat ini pihaknya bersama tim medis sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi.

Informasi awal dikatakan Sapto berasal dari laporan masyarakat ke pihak kepolisian pada Kamis (27/12/2018) malam. Posisi bangkai gajah tepat berada di pinggiran Krueng Peusangan di Kec. Pintu Rime Gayo, Kab. Bener Meriah.

Baca: FKL: Deforestasi Faktor Utama Pemicu Konflik Gajah dan Manusia

Kisah Gajah Tyke, Mati Setelah Diterjang 86 Peluru

Menguak Kerusakan Suaka Margasatwa Rawa Singkil

“Setelah dicek oleh petugas BKSDA dari CRU Peusangan dan personel Polres Bener Meriah, diinformasikan bahwa gajah tersebut berjenis kelamin jantan dan berusia sekitar 40 tahun,” kata Sapto, Jum’at (28/12/2018).

Ia juga menjelaskan, gajah itu diperkirakan mati sekitar 15 hari yang lalu. Hal ini ditandai dari kondisi fisiknya yang sudah membusuk serta mengeluarkan bau tak sedap. Dugaan kuat, gajah ini dibunuh oleh pemburu.

“Gadingnya hilang, mirip seperti dipotong dan dipatahkan. Tapi kita akan memastikan nanti setelah proses nekropsi,” jelasnya.

“Gajah ini awalnya terluka (diduga) karena berkelahi dan pada September kemarin, BKSDA Aceh bekerjasama dengan FKH Unsyiah telah berupaya untuk mengobatinya,” tutup Sapto.

Baca Juga: Terkena Jerat Pemburu, Gajah Sumatera Mati di Aceh Timur

PT Bumi Flora dan Kematian Gajah yang Terulang

7 Fakta Bunta, Gajah Jinak yang Mati di Aceh Timur