Home / BERITA TERBARU / Makam Nabi Ilyasa AS Ditemukan di Turki

Makam Nabi Ilyasa AS Ditemukan di Turki

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM, ANKARA – Bendungan yang meledak di Egil Turki yang menyebabkan rendahnya permukaan air sehingga ditemukan desa Muslim kuno yang diyakini tenggelam hampir 2 abad lalu.

Dikutip dari sindonews, Sabtu (22/12/2018) temuan masjid, madrasah, dan makam mengungkapkan desa itu ditempati oleh sebagian besar umat Islam di masa lalu. Juga ditemukan beberapa struktur yang menakjubkan termasuk makam Nabi Ilyasa.

Seperti dilansir dari DailyMail, pembukaan sekitar 20 tahun lalu, bendungan mencakup 78 rumah di desa termasuk masjid, madrasah dan kuburan. Sebelum menutup untuk pembangunan bendungan, tubuhnya dikatakan telah dipindahkan ke daerah terdekat, Kale.

Bendungan yang selesai tahun 1997 menyediakan air bagi hampir 930.000 penduduk Diyarbakir, kota terbesar di Turki tenggara. Namun, hujan deras minggu lalu menyebabkan bendungan pecah dan ketinggian air menurun.

Sejumlah prasasti kuno berusia 2.700 tahun berhasil ditemukan kembali oleh para ilmuwan di dalam empat terowongan yang dibangun oleh penjarah ISIS.

Sebelumnya pada Februari 2018, terowongan tersebut berada di bawah makam Nabi Yunus yang telah dihancurkan ISIS selama menguasai Kota Nineveh, salah kota kuno di Irak, dari Juni 2014 hingga Januari 2017.

ISIS menggunakannya untuk mencari harta karun milik salah satu Raja Bangsa Asyura (Irak) yang bernama Esarhaddon. Penemuan tujuh prasasti di empat terowongan kini telah dipublikasikan oleh Al-Juboori Ali Y, Direktur dari Pusat Studi di Universitas Mosul, dalam jurnal Iraq.

Al-Juboori menulis bahwa salah satu prasasti yang diterjemahkan berbunyi, “Istana Esarhaddon, raja yang kuat, raja dunia, raja Asyur, gubernur Babel, raja Sumeria dan Akkad, raja dari segala raja-raja di Mesir bagian bawah, Mesir bagian atas dan Kush kerajaan kuno yang terletak di sebelah selatan Mesir di Nubia”.