Home / BERITA TERBARU / Ciri-ciri Fisik Psikopat Ditemukan

Ciri-ciri Fisik Psikopat Ditemukan

Ilustrasi psikopat.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Peneliti Universitas Cardiff dan Universitas Swansea di Inggris menemukan ciri-ciri psikopat. Mengutip news.com.au, dalam sebuah penelitian, peneliti menunjukkan gambar buruk seperti gambar anjing yang galak sampai potongan tubuh yang dimutilasi.

Lalu peneliti melihat reaksi apakah ada perbedaan respon pada mata seorang psikopat dan bukan psikopat. Seorang psikopat tidak menunjukkan pembesaran pupil, sementara yang bukan psikopat mengalami pembasaran pupil.

Penulis utama penelitian, Dr Dan Burley, dari Sekolah Psikologi Cardiff University, mengatakan temuan ini memberikan bukti fisik bahwa seorang psikopat memiliki empati yang lebih sedikit daripada seharusnya.

“Pupil sudah lama dikenal sebagai indikator gairah seseorang. Pupil juga biasanya melebar ketika sebuah gambar mengejutkan atau membuat kita takut,” katanya disalin dari suara, Kamis (20/12/2018).

Dr Dan Barley, Profesor Nicola Gray, psikolog klinis dan forensik dari Universitas Swansea mengatakan bahwa hasil penelitian ini merupakan bukti objektif, fisiologis, dari adanya defisit emosional yang mendasari perilaku menyimpang para psikopat tanpa harus bergantung pada metode invasif atau peralatan yang mahal.

“Kami berharap dapat mengembangkan metodologi ini untuk membantu penilaian klinis dan intervensi pada pelaku,” kata Profesor Gray.

Hasil penelitian mengungkapkan mata seorang psikopat juga akan tetap sama ketika disajikan gambar positif seperti anak anjing atau pasangan bahagia.

Hal itu membuat peneliti menyimpulkan bahwa ini bukan hanya tentang kurangnya emosi tetapi juga rasa kurang sensitif terhadap informasi yang mengancam.

“Kurangnya emosi para psikopat, seperti kecemasan dan ketakutan, membantu mereka untuk tetap tenang dalam situasi yang menakutkan,” pungkasnya.