Home / ACEH / Plt Gubernur Optimis Masa Depan Pembangunan Aceh

Plt Gubernur Optimis Masa Depan Pembangunan Aceh

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Bandara SIM Blang Bintang Aceh Besar, Kamis (13/14/2018) malam. (Foto: BPMI Setpres RI)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengaku optimis terhadap masa depan pembangunan Aceh, hal ini karena kuatnya dukungan Pemerintah pusat bagi pengembangan di Aceh.

Terbukti, dari tahun ke tahun anggaran pembangunan nasional untuk Aceh terus meningkat. Besarnya anggaran tersebut menyertai hadirnya sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Aceh, sehingga mendorong percepatan pembangunan di daerah ini.

Hal tersebut dikatakan Nova saat peresmian pembangunan jalan tol Aceh di kawasan Blang Bintang, Jumat (14/12/2018) sore.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh rakyat Aceh, kami sangat bersyukur dan menyampaikan terimakasih kepada Bapak Presiden atas kehadiran proyek-proyek strategis nasional di Aceh,” ujar Nova.

Dia menyampaikan, total bidang tanah yang sudah dilakukan pembayaran saat ini sebanyak 144 bidang tanah dari total bidang 3.586 atau seluas 55,34 hektar, dengan total luas lahan 755,2 hektar di mana total realisasi dana talangan oleh Hutama Karya  sebesar Rp.17,56 Milyar.

Dengan terlaksananya pembayaran seluas 55,34 hektar tersebut kata Nova, pihak pelaksana konstruksi dapat segera mengerjakan pembangunan jalan TOL sepanjang 6,92 kilometer di 2 kecamatan, yakni kecamatan blang bintang dan kecamatan montasik.

Kehadiran tol Aceh kata Nova, merupakan lompatan besar bagi percepatan pembangunan Aceh, sehingga program pengembangan dan investasi serta peningkatan kesejahteraan rakyat lebih cepat terwujud.

Pada kesempatan tersebut, Nova juga berharap agar Presiden mendukung upaya pengembangan beberapa proyek lain di Aceh, seperti Pembangunan Terowongan Gunung Geurutee jalan nasional lintas barat, sehingga dapat memperpendek waktu tempuh dan menghindari sering terjadinya longsor di kawasan tersebut;

Selain itu, Percepatan pengembangan  Kawasan Pariwisata Sabang; Revitalisasi dan pengembangan Kopi Arabica Gayo dari Hulu ke Hilir sehingga menjadi Pengekspor kopi Arabica terbesar di Dunia; dan Pengembangan Kawasan Pelabuhan Perikanan Lampulo dan Kawasan Industri Ladong.

“Dengan pembangunan semua fasilitas itu, kami yakin pergerakan ekonomi Aceh  semakin baik,  dan Insya Allah Aceh siap memberi kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan nasional,” ujar Nova.

Pembangunan Tol ruas Banda Aceh-Sigli diperkirakan mencapai 9 triliyun dan ditargetkan siap beroperasi pada tahun 2021. Tol Aceh yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera juga akan dilakukan pada ruas Sigli-Lhokseumawe, Lhokseumawe-Langsa dan Langsa- Binjai, Sumatera Utara.

Ruas tol Sigli-Banda Aceh dibagi ke dalam 6 seksi, yaitu Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13 km, seksi Blang Bintang-Kutobaro sepanjang 8 km, Seksi Kutobaro-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km, Seksi Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 26 km, Seksi Seulimeum-Jantho sepanjang 6 km, dan terakhir seksi Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km. []