Home / ACEH / Presiden GMA: Selayaknya Malik Mahmud Sadar!

Presiden GMA: Selayaknya Malik Mahmud Sadar!

Wali Nanggore Aceh, Malik Mahmud saat berkunjung ke lokasi pameran sejarah Aceh di Museum Aceh, Selasa, 7 Agustus 2018. (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Presiden Gerakan Mahasiswa Aceh (GMA) Sopian menilai rencana pengukuhan Malik Mahmud Al-Haytar sebagai Wali Nanggroe terkesan terburu-buru.

Pasalnya, pada Jumat (14/12) malam pukul 20.00 Wib nanti, pria yang kerap disapa Mentro Malek itu akan dikukuhkan kembali sebagai Wali Nanggro Aceh dalam sidang Paripurna Istimewa yang berlangsung di gedung utama DPR Aceh.

Padahal menurutnya, masih banyak proses yang harus dilalui biar terkesan bahwa Lembaga Wali Nanggroe pantas dipertahankan secara bersama.

“Seharusnya para yang bertanggung jawab terhadap pemilihan Wali Nanggroe
bertindak secara tepat, kalau terburu-buru seperti ini justru akan membuat
lembaga hasil perjuangan bangsa Aceh ini seperti sebuah UKM,” katanya.

Selanjutnya menurut Sopian, Pemilihan Wali Nanggroe Aceh harus berkualitas
sesuai perkembangan zaman.

“Jangan sampai Proses Pemilihan Wali Nanggroe lebih buruk dari pada
pemilihan Geusyik. Karena ini sangat memalukan Bangsa Aceh yang notabene
sebagai bangsa yang punya ide dan gagasan yang cemerlang,” timpalnya.

Kemudian, Sopian meminta semua pihak yang terlibat sebagai panitia menghargai Ulama Aceh yaitu dengan bersilaturrahmi dengan ulama dan meminta pendapat mareka sebagai bentuk bahwa Aceh masih memiliki Ulama sebagai pewaris para Nabi.

“Kita meminta agar panitia menjumpai dan meminta pendapat para ulama Aceh
terhadap keberlangsungan Lembaga Wali Nanggroe Aceh. Dari awal perjuangan kita selalu bersama doa-doa ulama, masak sekarang semudah itu kita lupakan,” tambahnya.

Lembaga Wali Nanggroe adalah ruh bagi bangsa Aceh yang lahir melalui perjuangan bersama dan menumpahkan darah rakyat Aceh. Jadi, sudah selayaknya Malik Mahmud sadar dirinya sebagai para penerus bangsa,” tutup Sopian.