Home / ACEH / Curhat Jokowi Tentang Foto Dirinya dan PKI

Curhat Jokowi Tentang Foto Dirinya dan PKI

Presiden Jokowi saat memperlihatkan gambar hoax tentang dirinya yang dituduh terlibat dalam PKI. (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Presiden Joko Widodo bertemu dengan para perangkat, pendamping desa dan keuchik di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat (14/12/2018).

Pertemuan itu dalam rangka sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019. Turut hadir mendapingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kesempatan itu, selain membahas banyak hal tentang dana desa, Presiden Jokowi juga curhat tentang fitnah-fitnah yang menyerang dirinya jelang pesta demokrasi 2019 mendatang.

Salah satu fitnah yang dibahas yaitu tentang isu soal PKI. Orang nomor satu di Indonesia ini ingin meluruskan pemahaman yang salah itu.

Presiden Jokowi mengaku terkejut ketika melihat gambar PKI yang beredar di media sosial, di mana dalam frame gambar tersebut ada dirinya. Padahal, kata Jokowi, saat itu dirinya masih berumur 4 tahun.

“Saya sampaikan di mana-mana, PKI itu dibubarkan tahun 1965-1966, saya lahir 1961, umur saya baru 4 tahun, masak ada PKI balita, gak logis, tapi ada yang percaya,” kata Jokowi.

“Ini pintarnya media sosial, gambar ini punya tahun 1995, kok saya ada di dekatnya (lambang PKI),” ujar Jokowi, heran.

Meski hoax, kata Jokowi, 9 juta rakyat Indonesia masih percaya bahwa foto itu benar alias bukan hoax.

“Padahal tidak logis, lahir saja saya belum, inilah the end edit,” terang Jokowi.

Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia khususnya Aceh untuk bijak dan cerdas dalam bermedia sosial.

Selain itu, jelang pesta demokrasi yang tak lama lagi, Presiden Jokowi juga mengajak rakyat untuk tetap menjaga persatuan dan tali persaudaraan.

“Biasa dalam waktu-waktu politik yang mendekati seperti ini, banyak berita bohong, banyak berita fitnah di media sosial, banyak sekali,” kata Presiden Jokowi. []