Home / BERITA TERBARU / Mendagri: KTP-el Palsu Tak Berfungsi, Database Aman

Mendagri: KTP-el Palsu Tak Berfungsi, Database Aman

Ilustrasi KTP-el. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan bahwa database kependudukan tidak bobol serta tidak berpengaruh karena pelaku hanya menjual blangko KTP-el dan tidak dapat mengaksesnya.

“Blangko KTP-el yang diperdagangkan pelaku tidak bisa digunakan layaknya kartu identitas asli, sebab KTP-el hanya dapat dicetak oleh jajaran Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang memiliki mesin cetak khusus yang sudah diprogram, dan memiliki hak akses database kependudukan,” kata Mendagri di Jakarta, Senin (10/12).

Mengenai ditemukannya 2.158 keping KTP-el di dalam karung di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu, Tjahjo mengatakansampai saat ini masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian, baik pelaku maupun motifnya.

Namun Mendagri menduga ada unsur kesengajaan karena KTP rusak/invalis tersebut dibuang ditempat yang mudah terlihat oleh masyarakat dan jarak waktu peristiwanya hanya berselang sehari dari terbongkarnya kasus penjualan 10 blangko via online yang sekarang sedang dilacak oleh kepolisian.

“Kasus penjualan KTP-el secara online tidak berpengaruh kepada database kependudukan karena pelaku hanya menjual blangko KTP-el dan tidak dapat mengakses data kependudukan,” pungkasnya.