Home / BERITA TERBARU / Bahaya Makan Sambil Berdiri

Bahaya Makan Sambil Berdiri

Ilustrasi makan sambil berdiri.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Orang tua sering menyatakan  jangan makan sambil berdiri!. Selain alasan kesopanan, ada manfaat kesehatan jika makan sambil duduk. Dilansir dari TimesofIndia, ketika makan sambil terburu-buru, baik berdiri maupun berjalan, tubuh mencerna makanan lebih lambat dari biasanya.

Hal ini juga membuat Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan karena sinyal kenyang tak juga didapat. Sebaliknya jika makan dalam posisi duduk, Anda melatih otot perut untuk mengeluarkan enzim pencernaan sehingga proses mencerna makanan menjadi lebih lancar.

Tak hanya itu makan sambil duduk juga membuat tubuh lebih fleksibel dalam jangka panjang karena panggul dan otot punggung meregang sehingga mengurangi rasa nyeri punggung.

Manfaat lain makan dalam posisi duduk adalah melancarkan aliran darah. Pasalnya, tubuh kita dirancang ketika duduk jalur peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga jantung menjadi lebih kuat.

Dikutip dari suara, Selasa (11/12/2018) makan lesehan dapat melemaskan saraf dan mengurangi tekanan di sekitar jantung yang dihabiskan untuk melakukan proses pencernaan.

Bahkan duduk ketika makan bisa memberi efek seperti meditasi. Ketika benar-benar duduk untuk makan dan tidak melakukan kegiatan lain seperti memegang gawai, Anda berlatih sukhasana yakni pose yoga yang dirancang untuk menenangkan saraf.