Home / ACEH / 20 Muslim Rohingya Terdampar di Aceh Timur

20 Muslim Rohingya Terdampar di Aceh Timur

Kaum muslim Rohingya yang terdampar di Kuala Idi, Aceh Timur, Provinsi Aceh, Selasa (4/12/2018). (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Sebanyak 20 etnis muslim Rohingya terdampar dan mendarat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kuala Idi, Aceh Timur, Provinsi Aceh, Selasa (4/12/2018).

Kedatangan ‘tamu’ minoritas dari negara tetangga yang didominasi pemeluk agama Buddha, Myanmar itu menarik perhatian warga terutama warga Kuala Idi dan sekitarnya.

Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi didampingi Asisten II Setdakab Aceh Timur Usman A. Rachman dan Kepala BPBD Syahrizal Fauzi kepada Klikkabar.com mengatakan, ke 20 warga muslim Rohingya itu tiba di Kuala Idi pukul 08.10 WIB pagi tadi.

Ia menjelaskan, selama ini tidak ada tanda-tanda maupun informasi keberadaan muslim Rohingya itu di lautan. Padahal menurut pengakuan, mereka telah berada di lautan selama 15 hari.

TKSK Idi Rayeuk sedang mendata muslim Rohingya yang terdampar di Kuala Idi, Aceh Timur, Provinsi Aceh, Selasa (4/12/2018). (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

“Jumlahnya 20 orang, semuanya laki-laki dewasa. Mereka menggunakan boat berukuran 3×12 meter,” ujarnya.

Hingga saat ini, ke 20 muslim Rohingya tersebut dikatakannya telah ditempatkan di Pos TNI AL sembari menunggu pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Pemkab Aceh Timur.

“Kita masih menunggu tindakan selanjutnya karena sudah berkoordinasi dengan pihak imigrasi Kota Langsa. Saat ini mereka sedang dalam perjalanan,” demikian kata Kompol Warosidi.

Sebelumnya, lima warga Muslim Rohingya juga tiba di Kuala Idi setelah ditemukan oleh nelayan pada Jum’at, 6 April 2018 malam sekitar pukul 01.30 WIB.

Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Muslim Rohingya yang Diselamatkan di Aceh Timur

Bangladesh Bangun Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia

Ratapan Nurlela, Istri Nelayan Aceh yang Ditangkap di Myanmar