Home / ACEH / 137 Calon Mahasiswa Al-Azhar asal Aceh Dipeusijuk

137 Calon Mahasiswa Al-Azhar asal Aceh Dipeusijuk

Ist

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Bertempat di Aula Kanwil Kemenag RI, sebanyak 137 calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir dilepas dan dipeusijeuk oleh yang mewakili orang tua wali, Usamah El-Madny dan Abi Abdul Razak, lc.

Kegiatan tersebut berlangsung dihadapan ratusan hadirin yang terdiri dari para calon mahasiswa yang akan berangkat dan wali beserta keluarga mereka, Minggu 2 Desember 2018.

Acara yang di inisiasi oleh Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) yang juga sekaligus fasilitator pemberangkatan, berlangsung khidmat.

Dalam paparannya, ketua Lembaga Edukasi Timur Tengah, Syafrudin Abdurrahman menyatakan bahwa keberadaan mereka sebagai lembaga otonom dibawah IKAT salah satu fungsi adalah memfasilitasi pendidikan ke Timur Tengah “Proses pra seleksi seperti sosialisasi, try out, bimbel dan pemberkasan serta pemberangkatan pasca kelulusan kami lakukan demi menjamin bahwa para peminat mendapat informasi dan bimbingan yang baik”, ujar Syafrudin.

Sementara ketua IKAT, H. M Fadhil Rahmi, Lc menyatakan secara kelembagaan, di Indonesia, IKAT adalah lembaga pertama yang membantu proses dari awal sampai akhir. “Dulu tempat test di medan, al-hamdulillah sekarang sudah permanen di Banda Aceh. Dulu yang lulus berangkat sendiri-sendiri dengan fasilitas individu-individu jika ada, sejak tahun 2013, secara kelembagaan IKAT terjun langsung membantu proses, ” paparnya.

Al-hamdulillah setiap tahunnya tingkat kelulusan meningkat secara signifikan. ” 2016 lulus 42, tahun lalu 119, tahun ini 169 yang lulus, walau yang berangkat hanya 137,”ungkapnya.

Sementara Usamah El-Madany yang mewakili wali mahasiswa menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada IKAT yang sudah membantu para calon mahasiswa dan meminta untuk melanjutkan pengabdian di bidang pendidikan ini. “Sangat bersyukur kita dengan hadirnya IKAT yang mau membantu anak-anak kita. Sehingga tak perlu ribet mikir bagaimana anak-anak bisa belajar ke Mesir. Keberadaan IKAT sangat penting,”katanya.

Dijadwalkan, 137 camaba tersebut akan mulai berangkat pada tanggal 3 Desember dengan pesawat Air asia menuju Kuala Lumpur, selanjutnya menuju Cairo, setelah transit di Jeddah, Saudi Arabia.

“Mari kita berdoa semoga perjalanan thalabul ilmi anak-anak kita lancar, berkah dan dalam keridhaan Allah SWT,” pinta H. M. Fadhil Rahmi, ketua IKAT dihadapan hadirin yang hadir.