Home / BERITA TERBARU / Survei: Bermain Medsos Meningkat, Depresi Mengintai

Survei: Bermain Medsos Meningkat, Depresi Mengintai

Ilustrasi waktu.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Penelitian menunjukkan penggunaan media sosial yang berlebihan dapat berkontribusi pada peningkatan depresi dan perasaan kesepian, serta menciptakan perbandingan sosial yang dapat menyebabkan harga diri lebih rendah.

Banyak manfaat dari sedikit istirahat di media sosial. Update status, aneka ragam filter Instagram, foto makanan, dan lain-lain, semua akan tetap ada ketika kita kembali.

Jumlah waktu yang dihabiskan orang di media sosial terus meningkat. Remaja kini menghabiskan hingga sembilan jam sehari di platform sosial, sementara 30% dari seluruh waktu yang dihabiskan mereka dialokasikan untuk interaksi media sosial.

Platform media sosial sendiri sedang mengembangkan alat dan opsi untuk lebih menarik termasuk Instagram, Musical.ly, dan juga bersaing untuk pangsa pasar mereka.

Saat ini, total waktu yang dihabiskan di media sosial mengalahkan waktu untuk sekadar makan dan minum, bersosialisasi secara langsung, bahkan untuk dandan sekalipun.

Mulailah perlahan mengurangi waktu penggunaannya dari yang biasanya. Berinteraksi secara langsung dengan orang sekitar, melakukan hobi yang disuka, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan, berbelanja kebutuhan rumah tangga, atau mencoba memasak resep baru, malah akan jauh lebih bermanfaat dibanding hanya berkutat seharian memegang dan memperhatikan smartphone Anda.