Home / BERITA TERBARU / Peneliti: Reuni 212 untuk Jatuhkan Jokowi

Peneliti: Reuni 212 untuk Jatuhkan Jokowi

 

Foto: Azwar Ipank/Klikkabar.com.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Aksi Reuni 212 di Monas Jakarta, Minggu (2/12/2018) tidak lain adalah adalah reuni atau  peringatan hari kejatuhan Ahok. Sungguh politik Indonesia yang sudah “dewasa”. Semoga saja generasi muda paham soal ini.

“Mungkin untuk sebagian orang, yang sejak awal mendorong perluasan aksi berbaju relijius ini, Ahok sama dengan Soeharto yang mundur oleh aksi massa 1998,” sebut penelti LIPI Irine Hiraswari Gayatri, Minggu (2/12/2018) di medsos.

Irine menyebutkan, hanya sekarang sasarannya bukan Ahok dalam konteks Pilkada DKI, tapi Jokowi.  Sebab konteks politik nasionalnya adalah Pilpres 2019.

Dia menambahkan tidak perlu dibungkus agama lagi aksi-aksi semacam ini, meskipun naratornya berusaha keras menempelkan diksi-diksi dengan aspek relijius seperti mujahid, jihad dan sebagainya.

“Hal yang umum juga adalah dalam nuansa kompetisi politik elektoral yang infantil, jika di satu pihak tidak ada lagi prestasi yang bisa dikampanyekan untuk menarik suara pemilih, maka metodenya selain mencari kelemahan lawan adalah memobilisasi ketertarikan melalui identitas kolektif  agama,” jelasnya.