Home / ACEH / Bom 500 Kg di Sabang Belum Dijinakkan

Bom 500 Kg di Sabang Belum Dijinakkan

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM, SABANG – Sebuah bom warisan Perang Dunia II telah lama ditemukan di Bangku Lima, Ujoeng Me Kota Sabang. Bom Inggris seberat 500 kg itu tidak meledak saat dijatuhkan dari pesawat perang Avengers dan Dauntless operasi bersandi COCKPIT HMS Ilustrios dan SS Saratoga pada 19 April 1944.

“Otoritas pelabuhan Sabang belum mengingatkan para pemancing ikan untuk mengantisipasi gangguan ketika dekat lokasi karena riskan bom tersebut berada di tepian pantai yang berbatuan,” tulis Teuku Mahliyuni di medsos, Kamis (29/11/2018).

Sepertinya bom yang berjarak puluhan meter dari pemukiman penduduk layak dijadikan Natural History Museum Sabang setelah dijinakkan oleh Tim Gegana Jihandak atau Jibom.

Bom sekitar 70 meter dari Kantor Pusat BPKS Sabang dan 100 dari pusat keramaian Sabang Fair yang mungkin akan berdampak buruk jika dibiarkan diterjang ombak berbatuan karena bom itu masih aktif

“Pagi pagi, sebelum kekantor saya melihat masih ada bom tersebut walaupun telah berulangkali di upload ke media sosial dan belum ada tim penjinakan bom.  Padahal di Sabang lengkap pasukan TNI Polri sebagai pangkalan militer di ujung Sumatera, “ tulisnya.