Home / BERITA TERBARU / 5 Tahun Kemo, Ternyata Bukan Kanker

5 Tahun Kemo, Ternyata Bukan Kanker

Ilustrasi kemoterapi.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Metode pengobatan kanker melalui  kemoterapi. Namun yang menimpa pria ini sungguh memprihatinkan. Sudah 5 tahun kemoterapi, ternyata penyakitnya bukan kanker.

James Salaz asal Montrose, Colorado, Amerika Serikat menjalani berbagai pengobatan setelah seorang dokter mendiagnosa kanker langka mematikan, Langerhans Cell Histiocytosis.

“Mereka bilang, saya satu-satunya orang Colorado yang memiliki kanker itu. Saya langsung mau mati saja karena kemoterapi sangat menakutkan,” kata James Salaz disalin dari suara, Rabu (28/11/2018).

James melakukan kemoterapi berkali-kali selam a5 tahun bahkan menelan pil penghilang rasa sakit setiap selesai kemo.

James menjalani rangkaian pengobatan untuk menghilangkan kanker dalam tubuhnya selama lima tahun penuh. Sampai pada satu titik, dokter lain mengatakan kalau James tak pernah kanker.

Semua mulai terbongkar kala James merasakan tidak ada yang berubah dari hidupnya. Ia lalu mendatangi dokternya, Dr. Choon-Kee Lee dari Montrose Hospital dan bertanya mengapa ia tidak merasakan perubahan yang berarti.

Tapi Dr Lee tak pernah muncul kembali. Itu artinya James harus mencari dokter baru yang pada akhirnya, akan memberikan informasi kalau ternyata James tak pernah memiliki kanker sama sekali.

“Dia bilang kalau saya tak pernah menderita kanker Langerhans. Saya menderita sesuatu yang disebut vasculitis, dan dia katakan kalau saja lima tahun lalu sudah diketahui, saya akan baik-baik saja. Tapi sekarang malah makin parah,” kata James Salaz kepada NBC11.

Kini James Salaz harus menjalani rangkaian pengobatan lain untuk penyakitnya serta pengobatan untuk mengurangi risiko akibat kemoterapi yang tidak dibutuhkan.

Dia didiagnosa pancreatitis yang kata dokter terjadi akibat mendapat obat-obatan kanker yang begitu kuat.