Home / BERITA TERBARU / Survei: Prabowo Masih Bisa Kejar Jokowi

Survei: Prabowo Masih Bisa Kejar Jokowi

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Lembaga Median merilis data survei terbaru elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin 47,7%, Prabowo-Sandiaga Uno 35,5%, dan belum menentukan 16,8%. Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menyebut selisih hanya 12,2% yang masih mungkin dikejar.

“Jokowi unggul sedikit, PR terberatnya adalah posisinya itu masih di bawah 50%. Sementara seperti kita ketahui Prabowo itu tertinggal, tapi sebenarnya jaraknya ini bisa dikejar karena selisihnya hanya 12,2%,” ucap Rico Marbun di Jakarta Pusat, Selasa (27/11).

Rico menganalisa faktor yang membuat Jokowi belum di angka aman 50% adalah kekurangannya lebih dirasakan dibanding kelebihan. Terutama masalah ekonomi dan kesejahteraan yang dianggap paling dirasakan masyarakat.

“Jokowi unggul, tapi keunggulannya bukan keunggulan yang tebal dan besar. Itu karena problem ekonomi dan kesejahteraan masih jadi problem yang menjadi ekspektasi publik dan belum mampu diselesaikan oleh beliau,” paparnya.

Sementara alasan Prabowo belum bisa mencapai 50% karena belum bisa menjanjikan gagasan yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah ekonomi dan kesejahteraan. Meski ada sosok Sandiaga Uno sang ekonom.

“Publik belum menganggap Prabowo memiliki kompetensi yang cukup untuk memperbaikii ekonomi saat ini,” pungkas Rico.

Dikutip dari kumparan, data survei 1.200 responden se-Indonesia yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.