Home / BERITA TERBARU / Pakar Karier: Etika Karyawan Baru, Hati-hati Beri Ide

Pakar Karier: Etika Karyawan Baru, Hati-hati Beri Ide

Ilustrasi karyawan.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Setelah melewati berbagai tes, Anda diterima sebaga karyawan.. Namun pekerjaan belum selesai. Perlu membuktikan Anda memang pantas mendapat pekerjaan tersebut pada hari-hari pertama.

Pakar karier John Lees memberi kiat dikutip Cosmopolitan berikut.

1.Rajin

Mungkin berpikir wawancara kerja adalah saat sulit karena harus riset terlebih dahulu. Setelah mendapat pekerjaan itu, jangan berhenti melakukan itu.

“Tetap gali informasi soal perusahaan dan pekerjaan kamu. Cari tahu masalah yang sedang dihadapi perusahaan serta kesempatan pengembangan karier di masa depan,” katanya disalin dari smartmoney.

Perlu mengetahui siapa saja yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan tentang masa depan perusahaan dan bisa membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

2.Dengar dan Pelajari

“Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan cara kerja kantor baru, biar pun mungkin membosankan. Langkah ini akan menjamin kamu terhindar dari masalah di pekan awal kerja. Ini juga menunjukkan kemampuan kamu belajar dengan cepat,” tambah dia.

Cara paling ampuh adalah dengan mendengar, belajar, dan tidak asal bertanya. Hal tersebut bisa menunjukkan bahwa kamu punya inisiatif dan merupakan orang yang bisa diandalkan.

3.Perlahan tapi Pasti

Keinginan untuk bekerja lebih tentu akan muncul di awal bekerja. John menyarankan, sedikit santai saja di bulan pertama kerja.

“Hati-hati dalam memberi ide di awal kerja. Coba juga untuk tidak memberi kritik pada cara kerja yang sudah ada,” kata dia.

Kamu sebenarnya tetap bisa memberi saran mengenai metode yang pernah kamu lakukan. Namun, pastikan kamu bisa menghargai dan tetap antusias dengan cara-cara yang sudah ada.

4.Mulai Bersosialisasi

Bertemu orang di tempat kerja baru bisa menyenangkan sekaligus menakutkan. Namun, harus tetap bersosialisasi.

“Manfaatkan kesempatan makan siang untuk berkenalan dengan orang-orang di divisi lain,” saran John.

Saat berkenalan, jangan hanya tersenyum dan mengangguk. Dengarkan apa kata rekan kerja.

“Tunjukkan kalau kamu terkesan dengan pencapaian yang sudah mereka raih. Jangan takut bertanya lebih lanjut atau tanya soal kehidupan pribadi,” pungkasnya.