Home / BERITA TERBARU / Kenali Penyakit Biker

Kenali Penyakit Biker

Ilustrasi bikers.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Setiap hari menggunakan sepeda motor dalam beraktivitas sehari-hari, maka mesti mewaspadai sejumlah penyakit mengintai. Dikutip dari popular, berikut ini penyakit tersebut

  1. Gangguan Saluran Pernapasan

Risiko terbesar menyerang pengguna motor adalah pernapasan seperti ISPA, bronkitis, atau TBC. Kerasnya angin yang mengenai dada ketika bermotor adalah pemicu utama munculnya tiga penyakit itu.

Karenanya, disarankan selalu memakai jaket melindungi tubuh dan masker, agar debu tidak masuk mulut saat naik motor.

  1. Tinnitus

Telinga berdenging? Jika iya, bisa disebabkan kerap bermotor dalam jarak jauh dan frekuensi yang terlalu sering.

Minimnya perlindungan pada kepala saat bermotor merupakan penyebab utama munculnya penyakit ini. Untuk menghindari hal tersebut, pakailah helm standar.

  1. Nyeri di Tubuh

Sering menempuh perjalanan jauh meningkatkan risiko nyeri dan kram  seperti pinggul, bahu, punggung, atau lutut.

Untuk mengurangi keluhan tersebut, sebaiknya lakukan peregangan seperti senam ringan atau jalan santai untuk melemaskan sendi-sendi tubuhmu..

  1. Saraf Terjepit

Getaran dari motor yang diterima oleh tubuh dalam jangka panjang bisa merobek saraf. Untuk itu, disarankan agar pengguna motor rutin berolahraga untuk melatih saraf mereka.

Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan protein untuk membuat otot jadi lebih kuat.

  1. Iritasi Mata

Keluhan umum pengendara motor adalah kulit kering, akibat paparan angin, asap, serta polusi yang mengenai mata saat berkendara.

Sebagai solusi, disarankan untuk membawa obat tetes mata di tasmu. Sehingga setiap mata terasa kering, segera membasahinya dengan obat tetes mata.