Home / ACEH / Dinsos Aceh : Jangan Mau Jadi TKI Tanpa Jalur Resmi 

Dinsos Aceh : Jangan Mau Jadi TKI Tanpa Jalur Resmi 

Ist

Ist

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinas Sosial Aceh Rohaya Hanum SE, menghimbau semua warga Aceh agar tidak menjadi TKI menggunakan jasa-jasa agen yang tidak resmi.”Jangan mau ditipu oleh agen, jangan mau jadi TKI tanpa jalur resmi,” katanya.

Rohaya mengaku prihatin dengan maraknya terjadi penipuan kepada warga Aceh yang hendak bekerja mejadi TKI di Malaysia dengan modus diiming-imingi pendapatan yang besar. Padahal kata Rohaya, kasus penipuan oleh calo TKI sudah  sangat banyak memakan korban.

“Mereka ditipu oleh agen-agen. Sementara kita selama ini gencar melakukan sosialisasi tapi mereka memang direkrut secara pribadi dabn dor to dor ke kampung,” katanya.

Mereka kata Rohaya, diiming-imingi gaji dan bonus yang menggiurkan padahal semua itu tidak ada, sehingga banyak yang memilih lari dan banyak juga yang ditangkap oleh pihak keamanan di Malaysia.

“Masyarakat ditipu karena mereka nggak faham bagaimana prosedur bekerja ke luar negeri,” katanya.

Dinas Sosial Aceh kata Rohaya Hanum tidak pernah berhenti melakukan sosialisasi agar tidak ada yang menjadi korban TKI ilegal,  dan kalau pun mau bekerja keluar negeri harus mengurus surat izin secara resmi dan ada mekanisme yang harus ditempuh, seperti berhubungan langsung dengan BP3TKI,  atau Dinas Ketenagakerjaan.

“Di situ  nanti akan di arahkan sesuai dengan skil masing-masing calon TKI. Tapi sayangnya banyak tidak mau dengan alasan banyak keluar uang akhirnya pilih jalur calo akibatnya jadi korban penipuan seperti ini,” pungkasnya. []