Home / BERITA TERBARU / Mari Rebut Beasiswa LPDP Santri

Mari Rebut Beasiswa LPDP Santri

 

KLIKKABAR.COM, JAKARTA –  Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Dana Pendidikan (LPDP)  meluncurkan program beasiswa khusus santri. Beasiswa ini disediakan kepada santri Magister (S2) dan Doktor (S3). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pihaknya tidak menyediakan anggaran khusus pada program beasiswa khusus santri tersebut.

Akan tetapi, alokasi dana program beasiswa LPDP santri menyatu ke dalam dana abadi yang digelontorkan pemerintah untuk LPDP sebesar Rp 55 triliun. Angka tersebut mengalami peningkatan dari Rp 35 triliun menjadi Rp 55 triliun pada 2019.

“Anggarannya ada di dalam (dana abadi LPDP), seperti diketahui LPDP 2019 kita sudah mendapatkan tambahan Rp 20 triliun untuk masuk di dalam dana abadi,” ungkap Sri Mulyani baru-baru ini

Dana itu digunakan mahasiswa yang lolos program LPDP dan untuk keperluan selama menempuh pendidikan baik jenjang S2 maupun S3.

“Kalau dia nanti di luar negeri adalah sama seperti yang lain. Jadi mereka mendapatkan untuk membayar SPP, membayar biaya hidup, dan lain lain. Jadi tidak ada satu cost terpisah (dari anggaran beasiswanya),” jelasnya.

Komponen Beasiswa

Santri yang lulus S2 atau S3  memdapat jaminan seperti kebutuhan santri, living allowance, biaya hidup, transportasi keberangkatan dan kepulangan domisili asal ke perguruan tinggi tujuan. Ditambah  biaya pendidikan, meliputi persiapan studi, pendaftaran, SPP, non SPP seperti buku, tesis, seminar, publikasi, dan jurnal internasional.

Beasiswa juga termasuk biaya pendukung, mulai dari visa, paspor, settlement allowance, tunjangan keluarga untuk doktoral, asuransi kesehatan dasar, dan lain lain.