Home / ACEH / BREAKING NEWS: 8 TKI Aceh Pulang ke Indonesia dengan Jalan Kaki

BREAKING NEWS: 8 TKI Aceh Pulang ke Indonesia dengan Jalan Kaki

8 TKI Aceh yang terdampar di Etikong foto bersama polisi setempat, Rabu (14/11/2018). (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – 8 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Aceh yang merantau ke Malaysia dikabarkan terlantar di perbatasan Malaysia-RI tepatnya di Etikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Hingga hari ini, Rabu (14/11/2018) mereka masih bertahan di sana karena tak punya lagi biaya untuk pulang ke Aceh.

Kabarnya, mereka menjadi korban penipuan agen TKI pekerja sawit di Aceh. Kedelapan warga Aceh itu dilaporkan kabur dari tempat kerja dengan berjalan kaki selama 5 hari 5 malam untuk mencapai perbatasan Malaysia-RI.

Informasi terlantarnya 8 warga Aceh itu dibenarkan oleh Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinas Sosial Aceh, Rohaya Hanum kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (14/11/2018).

“Mereka kabarnya 5 hari di hutan dan baru mencapai perbatasan dan kehabisan stok makanan,” kata Rohaya.

Adapun 8 warga itu adalah Ano, Bayu Suardika, Darman Syah, Suherdi, Suhada, Akbar, Samsul Bahri, dan Samsari. Semuanya berasal dari Aceh Tamiang.

Namun, hingga saat ini Rohaya belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana kronologi yang menyebabkan mereka kabur dari Malaysia.

“Ini masih info sementara. Untuk tahap selanjutnya sedang dilakukan koordinasi ke Etikong dalam rangka upaya pemulangan para TKI Aceh Tamiang,” kata Rohaya.

Untuk diketahui, terlantarnya TKI Aceh di Kalimantan Barat bukan kali pertama. Sebelumnya, pada akhir Agustus 2018 lalu, 11 warga Aceh juga telah mengalami nasib sama.

Mereka menjadi korban penipuan agen penyalur tenaga kerja tidak resmi dan akhirnya memutuskan kabur dari negeri Jiran itu dengan berjalan kaki. []

Baca Juga: Satu Nelayan Aceh Timur Meninggal dan Dikebumikan di Myanmar

[Foto] Kondisi Terkini Rombongan Nelayan Aceh di Myanmar

Kerap Disiksa di Kapal Asing, TKI Asal Aceh Hilang Kontak