Home / ACEH / Kenali Ciri-ciri Berita Hoax

Kenali Ciri-ciri Berita Hoax

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi dan Media Massa, Gun Gun Siwadi saat memaparkan materi. (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi dan Media Massa, Gun Gun Siwadi menjadi salah satu pemateri dalam Forum Dialog dan Literasi Media.

Kegiatan yang mengusung tema “Komunikasi Sehat Indonesia Bersahabat” ini berlangsung di Aula Balai Kota Banda Aceh, Senin (12/11/2018).

Dalam kesempatan itu, Gun Gun mengajak peserta untuk sama-sama memerangi berita hoax di Indonesia. Ia juga menyebut beberapa ciri-ciri berita hoax.

Disebutkannya, di antara ciri-ciri berita hoax yaitu sumber tidak jelas dan tidak ada yang bisa dimintai tanggung jawab atau klarifikasi.

Kemudian, pesan sepihak, menyerang dan tidak netral atau berat sebelah, mencatut nama tokoh berpengaruh atau pakai mirip media terkenal.

“Ciri-ciri lain yaitu memanfaatkan fanatisme atas nama idiologi, agama dan suara rakyat. Kemudian, judul dan pengantarnya pro aktif dan tidak cocok dengan isi,” sebut Gun Gun.

Dalam kesempatan itu, Gun Gun juga mengajak masyarakat untuk lebih jeli dan cerdas dalam menerima informasi. Jika informasi diterima belum tentu benar, maka minimal jangan membantu menyebarkan.

“Dalam mendapat informasi tabayyun sangat penting,” ujar dia.

Selain Gun Gun Siwadi, dialog ini juga diisi oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, Hendra J Kede dan Ketua Majelis Seniman Aceh, Ayah Panton.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan itu adalah berasal dari kalangan mahasiswa dan praktisi media. []