Home / ACEH / Pemulangan 16 Nelayan Aceh di Myanmar Belum Jelas

Pemulangan 16 Nelayan Aceh di Myanmar Belum Jelas

Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Dinsos Aceh, Rohaya Hanum. (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Pemulangan 16 nelayan Aceh yang terdampar di Myanmar hingga hari ini, Senin (12/11/2018) belum memiliki kejelasan.

Untuk diketahui, serombongan nelayan asal Aceh Timur itu ditahan otoritas Myanmar, Selasa (6/11/2018) lalu karena diduga telah masuk ke perairan Myanmar tanpa izin.

Saat ini nahkoda beserta anak buah kapal ditahan di Kantor Polisi Kawthaung provinsi Tanintharyi, Myanmar.

Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Dinsos Aceh, Rohaya Hanum mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan KBRI Myanmar agar nelayan Aceh segera dipulangkan.

“Terakhir kita terus berusaha berkoordinasi bagaimana nasib yang ditahan ini, apa salahnya dan bagaimana solusinya,” kata Rohaya kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (12/11/2018).

Disebutkannya, jika setelah pemeriksaan 16 nelayan itu tak sengaja memasuki wilayah Myanmar, maka kemungkinan mereka akan dipulangkan setelah melewati prosedur yang berlaku di imigrasi setempat.

Namun, hingga saat ini Rohaya belum bisa menjelaskan secara rinci kapan pemeriksaan itu selesai dilalukan.

“Dinsos Aceh hanya berkomunikasi melalui KBRI. KBRI sudah bertemu dan mereka baik-baik saja (sehat) semua dan mereka sedang ditangani mencari jalan keluar. Jika mereka tidak bersalah maka akan segera dipulangkan melalui KBRI,” jelasnya. []