Home / KESEHATAN / Kanker Intai Anak Gadget

Kanker Intai Anak Gadget

Ilustrasi gadget. (IST)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Hasil studi ilmiah kembali memperingatkan orang tua yang membiarkan anak-anaknya menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar, kali ini tentang risiko yang mengintai anak pengguna gadget, seperti obesitas, rabun jauh, hingga kanker.

Sebuah penelitian merilis, selain minuman dan makanan manis, perangkat smartphone dan tablet menyebabkan anak anak kanker dengan berbagai jenis, seperti kanker payudara, usus besar, ginjal, lever, ovarium, pankreas dan prostat.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 200 ribu anak pengguna gadget menyebutkan jumlah anak-anak yang mengalami rabun jauh pada usia dini jumlahnya meningkat berlipat ganda dalam 50 tahun terakhir.

Para peneliti mengatakan seharusnya temuan itu menjadi perhatian besar tentang bahaya screen time, sama halnya dengan kontrol junk food dan minuman manis. Penelitian yang dilakukan oleh Dana Penelitian Kanker Dunia meneliti penyebab kenaikan berat badan pada anak-anak di seluruh dunia.

Faktanya semakin banyak waktu yang dihabiskan anak-anak untuk smartphone, tablet dan game menjadi pendorong besar mereka obesitas. Sementara minuman bergula menduduki peringkat kedua teratas.

“Laporan ini menyoroti pentingnya melakukan tindakan prefentif untuk mencegah kanker pada anak,” kata Sophia Lowes dari Cancer Research UK dikutip dari suara, Senin (12/11/2018)

Anak-anak obesitas lima kali lebih mungkin mengalami obesitas saat mereka orang dewasa, yang mengkhawatirkan karena mereka akan menghadapi peningkatan risiko berbagai jenis kanker.

Profesor Chris Hammond, dari King’s College, mengatakan kepada The Telegraph, ini adalah masalah yang signifikan.

“Kami yakin anak-anak yang banyak diam di dalam rumah telah menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar, tentunya itu tidak baik untuk penglihatan, belum lagi obesitas dan masalah kesehatan,” katanya.

Penggunaan dan penyalahgunaan perangkat pintar, khususnya bagi anak harus dipantau secara ketat untuk mengatasi fenomena yang muncul dari miopia digital (efek screen time terlalu lama) bisa menyebabkan obesitas, rabun jauh, hingga kanker.