Home / BERITA TERBARU / Anda Botak? Itu Tanda Maskulin

Anda Botak? Itu Tanda Maskulin

Ilustrasi.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Benarkah pria botak adalah tanda maskulin? Baru-baru ini  peneliti dari Universitas Pennsylvania. Albert Mannes mengatakan pria dengan kepala botak punya pengaruh yang kuat serta berwibawa.

Mannes melakukan penelitian terhadap 60 responden. Ia menunjukkan foto-foto pria yang berkepala botak dan berambut tebal dengan usia dan penampilan yang sama untuk dinilai.

Dikutip dari suara, Senin (12/11/2018) pria yang berkepala botak duduk di peringkat satu dalam hal kewibawaan, berpengaruh serta kuat. Mannes yang juga merupakan dosen di Wharton School, Universitas Pennsylvania melakukan pengujian kedua.

Ia memperlihatkan foto empat pria yang ditunjukkan dua kali, pertama tak berambut dan kedua dengan rambut.

Hasilnya mereka dengan kepala plontos dianggap lebih dominan, tinggi dan kuat. Tidak jauh berbeda, hasil pada penelitian ketiga pun sama persis dengan dua penelitian sebelumnya. Mereka yang berkepala botak dinilai lebih punya potensi menjadi pemimpin, dominan, kuat serta maskulin.

Penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Social Psychological and Personality Science menjelaskan pria akan lebih dinilai dominan jika menggunduli kepalanya daripada mereka yang membiarkan rambutnya mengalami penipisan.

Di sisi lain, berkepala botak dinilai lebih tua dan kurang atraktif, menurut Mannes.

Dia menegaskan penelitian ini dibuat untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri bagi mereka dengan gaya plontos yang merasa malu dengan penampilannya.