Home / ACEH / Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Aceh Gelar Rapat Koordinasi Perdana

Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Aceh Gelar Rapat Koordinasi Perdana

Ist

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Aceh menggelar rapat koordinasi perdana tahun 2018, di Aula Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, sejak 10 s.d 12 November 2018.

Rakortersebut dibuka Plt Gubernur, diwakili Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh, Sabtu (10/11) malam dan dihadiri Ketua Badan Pelaksana BWI Aceh, Dr H A Gani Isa MA dan Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Aceh, Drs Azhari yang juga sekretaris Badan Pelaksana BWI Aceh.

Rakor tersebut diikuti 75 orang terdiri dari Kepala Kemenag Kab/Kota, Kepala Baitul Mal, para Kasi Bimas Islam Kabupaten/Kota dengan Narasumber menghadirkan unsur BWI pusat, Sarmidi Husna. Dalam sambutannya Daud Pakeh mengungkapkan pelaksanaan rakor pertama tersebut semoga menjadi catatan sejarah baru bagi perwakafan di Aceh.

“Melalui rakor pertama ini, kita berharap dapat melaksanakan amanah UUD Nomor 41 Tahun 2014 tentang wakaf dan mengatur harta benda wakaf. Pertemuan ini sangat penting supaya mendapatkan kesamaan data terhadap keberadaan tanah wakaf,” ujar Daud Pakeh.

Karena bila tanah wakaf belum memiliki sertifikat, maka kedudukan tanah wakaf sebagai harta agama tidak akan kuat, tambahnya.

Dikatakannya, zakat dan wakaf merupakan pranata keagamaan yang memiliki kaitan secara fungsional dengan upaya pemecahan masalah- masalah kemanusiaan, “Konsep wakaf punya peran penting dalam pemberdayaan ekonomi Islam sejak zaman para sahabat Nabi,” sebutnya.

“Aceh terdapat lebih dari 24.358 persil aset tanah wakaf yang tersebar di semua Kabupaten/Kota baik yang sudah memiliki sertifikat maupun yang belum bersertifikat,” ungkap Daud Pakeh.