Home / ACEH / Putroe Sambinoe, Putri Irwandi Yusuf Lulus Sebagai Pilot Citilink

Putroe Sambinoe, Putri Irwandi Yusuf Lulus Sebagai Pilot Citilink

Putroe Sambinoe Meutuah, putri asal Aceh yang diterima di maskapai Citilink. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pihak maskapai Citilink mengirim surat pemberitahuan tahapan seleksi penerbang nomor JKTDHQG/REK/ 087/XI/2018 kepada Putroe Sambino Meutuah anak dari Irwandi Yusuf Gubernur Aceh non Aktif.

Dalam surat tersebut ditulis “berdasarkan hasil akhir seleksi calon penerbang PT. Citilink Indonesia” menyebutkan bahwa Putro dinyatakan lulus atau diterima untuk posisi Ab-Initio Pilot di PT. Citilink Indonesia.

Sementara itu, Darwati A.Gani selaku ibu dari Putroe yang dikonfirmasi media ini membenarkan bahwa Putroe Sambinoe sudah diterima di Citilink Indonesia.

“Iya, Alhamdulillah,” jawabnya singkat.

Sekadar diketahui, Ab-Initio Pilot adalah  sebutan bagi penerbang yang baru lulus dan mendapatkan lisensi pilot komersial. Mereka yang dinyatakan lulus sebagai Ab-Initio Pilot akan dimasukkan dalam pelatihan selama lebih kurang 7-9 bulan. Pelatihan terdiri dari ground training dan flight training.

Pelatihan tersebut diadakan guna mempersiapkan pilot menjadi kopilot junior. Pengalaman terbang pilot (Ab-Initio) tersebut dalam mengangkut penumpang belum ada.

Bahkan, pengalaman hanya didapat saat belajar di sekolah penerbang, maka perlu dilakukan pelatihan guna mempersiapkan lebih matang. Pilot tersebut masih membutuhkan waktu lama untuk menjadi kapten pilot, setelah proses dari Ab-Initio ke Kopilot.