Home / BERITA TERBARU / Usia 106 Tahun, Ingatan Masih Kuat, Pria ini Ungkap Rahasia

Usia 106 Tahun, Ingatan Masih Kuat, Pria ini Ungkap Rahasia

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Dr. Frankland dilahirkan kembar tahun 1912. Nama saudara kembarnya adalah Jack Frankland. Pada tahun 1930, Dr. Frankland mulai masuk sekolah kedokteran dan ditugaskan di Singapura selama Perang Dunia II.

Selama tiga tahun, Dr. Frankland banyak belajar. Apalagi dia belajar bersama Alexander Fleming, pria yang menemukan penicillin (antibotik).

Setelah selesai tugasnya di Singapura, Dr. Frankland kembali ke Inggris dan membuat sesuatu yang hebat.

“Sering kali, orang berkata, ‘Bagaimana Anda bisa hidup begitu lama?” cerita Dr. Frankland.

“Lalu saya menjawab, ‘Itu hanya keberuntungan, tidak ada yang lain.”

Frankland sudah berusia 106 tahun. Namun  masih melakulan konsultasi dengan pasien dan menyumbangkan artikel untuk publikasi jurnal kedokteran. Terkadang, dia membantu penelitian medis.

Karena kisah hidupnya sangat menarik, Paul Watkins menulis kisah hidup Frankland dengan judul “From Hell Island to Hay Fever”.

“Dr. Frankland adalah salah satu orang di dunia yang memiliki pengalaman unik,” kata Watkins disalin dari intisari, Selasa (6/11/2018)

“Lebih dari itu, dia bisa melihat begitu banyak perubahan, begitu banyak tantangan, dan menyelesaikannya dengan pengalaman yang pernah ia terima.”

Frankland mengakui bahwa dari segala hal penting yang telah ia alami selama bertahun-tahun, ia memilih menghilangkan kenangan negatif dan ketakutan yang dia alami.

Lalu hanya fokus pada kebahagiaan. Menurutnya, kenangan dari hidupnya tetap hidup. Hanya saja dia mau fokus ke bagian hal yang membahagiakan. Contoh, dia masih ingat perayaan hari ulang tahun ketiganya. Seperti dia terlalu banyak makan kue dan membuatnya sangat sakit.

Kita semua tahu, semakin bertambahnya usia, maka beberapa perkembangan tubuh kita semakin melambat. Contih, kita semakin mudah capek atau mudah lupa. Nah, melihat hal tersebut, Dr. Frankland mencoba memberikan saran untuk menjaga kemampuan berpikir kita.

“Ketika kamu menjadi tua, ada beberapa hal yang tidak bisa kamu lakukan,” kata Dr. Frankland dari kursinya.

“Saya terlalu tua untuk berlari dan berjalan. Tapi saya tidak mau otak saya seperti itu.”

“Oleh karenanya, saya membaca banyak jurnal ilmiah dan buku-buku yang datang kepada saya setiap bulan, dan beberapa British Medical Journal seminggu sekali.”