Home / BERITA TERBARU / Tahun 2017, Perceraian di Kota Ini Capai 5.000 Kasus

Tahun 2017, Perceraian di Kota Ini Capai 5.000 Kasus

Ilustrasi perceraian.

KLIKKABAR.COM – Angka perceraian di  Kota Depok terbilang cukup tinggi dan tercatat pada 2017 mencapai 5.000 kasus. Perceraian kerap terjadi di usia pernikahan rentang tiga tahun.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPA PMK) Kota Depok seperti dilansir Sindonews, pasangan yang bercerai biasanya terjadi di usia pernikahan tiga tahun dalam rentang usia pasangan antara 30-50 tahun.

Sebanyak 35-45% penyebab utama perceraian adalah ketidakharmonisan dalam menjalin hubungan di dalam keluarga. Pemicu lainnya adalah faktor ekonomi, akhlak dan perilaku, cemburu, kawin siri dan hubungan gelap.

Ketua PKK Kota Depok Elly Farida menganggapi tingginya perceraian di Depok dengan mengatakan bahwa, tingginya angka tersebut dipengaruhi dari permasalahan anak-anak dan penyimpangannya yang terjadi di kalangan mereka.

“Inilah pentingnya membangun gerakan pendampingan anak-anak menjelang akil balik karena banyak yang rapuh dan mengaku semua berawal dara keluarga,” katanya.

Dia pun berencana membangun sekolah pernikahan untuk mencegah meningkatnya kasus-kasus siswi SMP dan SMA yang sudah bersalin sementara mereka belum siap menjalani tanggung jawab sebagai keluarga.

“Ini perlu kerjasama banyak pihak. Jadi kita harus bergerak bersama,” pungkasnya.