Home / BERITA TERBARU / Sultan Aceh Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Sultan Aceh Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal (dua dari kiri), Ustad Isfandiar (tiga dari kiri) dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Aceh Samsiarni (pertama dari kanan) di makam Raja Aceh Sultan Muhammad Daoed Sjah TPU Rawamangun, Jakarta Timur, Senin ( 5/ 11/2018).

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pemerintah Aceh bakal mengusulkan Sultan Muhammad Daoed Sjah menjadi Pahlawan Nasional. Pengusulan ini menjadi prioritas pemerintah bersama-sama masyarakat Aceh di perantauan untuk menjadikan Sultan sebagai Pahlawan Nasional.

“Beliau melawan Belanda sehigga dibuang ke Ambon lalu ke Jakarta dan mangkat di sini,” kata Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal di TPU Rawamangun, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Almuniza menuturkan, pihaknya sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Aceh di Jakarta sekarang mendata kuburan pahlawan atau tokoh-tokoh Aceh serta aset-aset di Jakarta. menurutnya, setelah didata, selanjutnya memugar setiap perkuburan. Tujuannya, jika ada warga Aceh yang menziarahi makam lebih mudah.
“Kita mengusulkan agar makam Sultan Aceh dan pengawal-pengawalnya bisa dipasang atap. Namun hal ini harus minta izin kepada pengelolaan kuburan,” ungkapnya.

Ziarah ke makam Sultan Aceh terakhir ini dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Nasional, 10 November. Sultan Muhammad Daoed Sjah wafat pada 6 Februari 1939 di Jakarta setelah dibuang ke Ambon karena tidak mau bekerjasama dengan Belanda.