Home / ACEH / Pulau Banyak Terkendala Transportasi

Pulau Banyak Terkendala Transportasi

Pulau Palambak, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil. (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Industri pariwisata di Pulau Banyak, Aceh Singkil sulit berkembang. Padahal, kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara terus meningkat setiap tahunnya.

Salah satu penyebab yang menghambat pariwisata di pulau yang memiliki panorama alam indah itu adalah terbatasnya transportasi laut.

Tital, warga Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak mengakui hal itu. Menurutnya, rata-rata wisatawan yang berkunjung ke daerah itu mengeluhkan transportasi laut yang masih terbatas.

Kondisi ini, menurut Tital, menyebabkan wisatawan tidak setiap saat bisa pergi-pulang ke kepulauan yang dikenal memiliki panorama alam laut yang memukau itu.

Keindahan alam bawah laut di Pulau Banyak. (Istimewa)

Kata Tital, setiap pekan transportasi yang dilayani kapal Feri hanya dua kali. Penyeberangan ini membutuhkan waktu tiga sampai empat jam.

Di samping itu juga ada transportasi boat tradisional. Namun, jadwal keberangkatannya belum tersusun dengan baik.

“Selain itu, yang menghambat pariwisata di Pulau Banyak karena tidak ada kapal cepat seperti di Sabang,” kata Tital saat berbincang-bincang dengan Klikkabar.com, beberapa waktu lalu di Pulau Balai.

BACA: Jelajahi Pulau Banyak Bersama Capella

Dia berharap kepada pemerintah untuk memberi perhatian khusus kepada kepulaun itu. Selain menuntaskan transportasi Singkil-Pulau Banyak, pemerintah juga perlu menyiapkan transportasi antar-pulau di kawasan tersebut.

“Menjadikan Pulau Banyak jadi destinasi wisata harus dimulai dari pembenahan di sektor transportasi,” terang Tital. []

BACA: Sambut Wisatawan, Pemuda Pulau Banyak Bersihkan Tempat Wisata