Home / ACEH / Prodi Studi Agama-Agama UIN Adakan Talkshow

Prodi Studi Agama-Agama UIN Adakan Talkshow

Istimewa

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Prodi Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jumat (2/11/2018) mengadakan kegiatan talkshow.

Kegiatan dengan tema “Membumikan Narasi Keislaman-Keindonesian di Serambi Mekkah” ini berlangsung di Aula Fakultas setempat dan ikuti 50 peserta dari berbagai kalangan dan 15 orang dari organisasi kepemudaan dan lintas agama.

Ketua Prodi SAA, Mawardi, S.Th.I, MA dalam rilis diterima Klikkabar.com, Senin (5/11/2018) mengatakan, kegiatan ini sangat penting diikuti oleh mahasiswa Studi Agama-Agama karena berkaitan dengan program studi yang mereka tekuni.

Menurut Mawardi, mahasiswa perlu memahami tentang berbagai macam wacana keagamaan yang muncul pada ranah publik.

Apa lagi, kata Mawardi, saat ini mayoritas anak muda termasuk mahasiswa cendrung untuk membaca dan mempelajari Islam melalui media tetapi mereka tidak menalaah kembali sehingga terjadinya saling menyalahkan satu sama lain.

“Oleh karena itu kegiatan ini baik untuk menambah dan mengembangkan wawasan narasi keislaman keindonesiaan ke arah yang lebih baik,” kata Mawardi.

Dalam kegiatan ini, Kalis Mardi Asih yang merupakan salah seorang Penulis, Aktifis KUPI, Gusdurian dan juga sebagai narasumber dalam kegiatan ini mengatakan narasi keislaman-keindonesiaan merupakan gagasan yang masih bersifat elitis yang hanya beredar di kalangan akademisi atau orang terdidik.

Sementara di tinggkat publik, sambung Kalis, narasi keislaman tenggelam dalam narasi ekstrim yang lebih kokoh dan mudah di cerna masyarakat awam.

“Maka dari itu mahasiswa sebagai bagian dari kaum muda merupakan kelompok yang sangat strategis dalam mengkampanye narasi ini. Mereka merupakan agen yang umumnya aktif di berbagai ruang sosial,” jelas Kalis.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemutaran video-video yang mereka produksi untuk melakukan penyebaran ide bahwa Islam adalah agama yang mencintai damai, keadilan dan kesetaraan. []